Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Mahasiswa FE UIN Malang, Sabet Juara 1 Nasional dalam Pekan Ilmiah Akuntansi 2022

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

16 - Aug - 2022, 16:45

Placeholder
Tiga mahasiswa dari Fakultas Ekonomi UIN Malang, sabet juara 1 nasional dalam Pekan Ilmiah Akuntansi 2022 (Ist)

JATIMTIMES - Prestasi tingkat nasional diraih Tim Akuntansi FE Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Tim FE UIN Maliki Malang meraih juara 1 dalam kompetisi Akutansi Nasional pada Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) 2022 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (10-12/8/2022).

PIA merupakan rangkaian perlombaan, yang terdiri dari : Accounting Competition, seminar nasional, workshop nasional dan field trip.

Baca Juga : PKKMB UB, Mahasiswa Bakal Dapat Materi Bela Negara

Kompetisi dalam Pekan Ilmiah Akuntansi ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Trisakti,  Lambung Mangkurat, Universitas Udayana, Marwadewa, Poltek Bandung, Poltek Padang, STIA, Universitas Surakarta dan yang lainnya.

Bisa lolos dalam penyisihan hingga menjadi juara, tentunya tak mudah dilalui tim FE UIN Maliki Malang yang terdiri dari 3 mahasiswa dari Prodi Akuntansi, yakni Rifqi Rizaldi, Achmad Nur Huda, dan Ahmad Alfian.

Babak penyisihan dilakukan secara online dengan cara mengerjakan 100 soal pilihan ganda. Hal tersebut dengan mudah dilewati oleh tim FE UIN Maliki Malang.

1

Pada semifinal dan final, tantangan yang harus dilalui oleh Tim FE UIN Malang cukup berat. Peserta diminta menjawab 20 soal secara lisan dan tertulis. Dalam menjawab pun harus dilakukan cepat-tepat. Setelah itu, dilakukan presentasi isu akuntansi yang tengah menjadi isu terkini.

Dari tahapan-tahapan tersebut, berhasil dilalui Tim FE UIN Malang dengan lancar. Hasil akhir, Tim UIN Malang memperoleh akumulasi nilai akhir 291,75 dan memperoleh peringkat juara pertama.

Dijelaskan Rifqi, soal yang diajukan dalam kompetisi akuntansi sangat beragam. Soal mulai dari Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Perpajakan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya,  Auditing, Teori Akuntansi, Manajemen Investasi & Pasar Modal, Manajemen Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, dan Isu Akuntansi Terkini.

Baca Juga : Arthur Felix Siap Dimainkan, Agil Munawar Harus Absen Hadapi PSIS Semarang

Untuk itu, dalam mempermudah penguasaan dana pemahaman materi, ia dan tim kemudian berbagi tugas, agar dalam pemahaman materi bisa lebih optimal. "Alhamdulillah, kami dapat meraih juara 1 di ajang ini," kata Rifqi, mewakili tim.

Mahasiswa semester 7 ini, menyampaikan, jika perlombaan ini merupakan ajang terkahir yang diikuti. Sebab, kedepan ia harus mendorong untuk adanya kader atau mahasiswa lain untuk meneruskan dan mempertahankan gelar juara dua tahun mendatang.

"Kami harus mempersiapkan kader untuk meraih prestasi di ajang Pekan Ilmiah Akuntansi dua tahun mendatang," kata mahasiswa yang juga aktif dalam organisasi Generasi Baru Indonesia (GenBI) ini.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya

Pendidikan

Artikel terkait di Pendidikan