Jibril Mendoakan 3 Golongan Manusia Ini Masuk Neraka, Rasulullah Mengaminkan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Jibril Mendoakan 3 Golongan Manusia Ini Masuk Neraka, Rasulullah Mengaminkan

Aug 06, 2022 07:44
Ilustrasi orang tua dan anak (pixabay)
Ilustrasi orang tua dan anak (pixabay)

JATIMTIMES - Suatu ketika, Malaikat Jibril sempat datang kepada Rasulullah dan mendoakan tiga golongan manusia ini dimasukkan ke dalam neraka.  Mengetahui hal itu, Rasulullah pun mengaminkan apa yang menjadi doa Jibril.

Lantas, siapakah tiga golongan manusia itu? Yuk simak penjelasannya yang diolah dari channel Magenta Islam.

Baca Juga : Jadi Golongan Ini, Maka Rezekimu Akan Terjamin

Golongan pertama orang yang diaminkan Jibril dan Rasulullah untuk masuk neraka adalah mereka yang mendapati Ramadan tetapi tetap tidak mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan limpahan pahala. Allah akan melipatgandakan pahala setiap hal baik yang dilakukan manusia. Akan tetapi, masih banyak orang yang justru tidak memanfaatkan bulan Ramadan untuk berbuat kebaikan. Maka, celakalah orang seperti ini. Ia tidak mendapatkan ampunan Allah dan malah terjerumus ke jurang dosa dan terjerumus dalam api neraka.

Golongan kedua, adalah orang yang mendengar nama Rasulullah SAW namun tidak bersalawat kepadanya. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda, " barang siapa berdusta atasku (yakni atas namaku) dengan sengaja, maka hendaknya ia mengambil tempat duduknya (yakni tempat tinggalnya) di neraka" (HR Imam Bukhari dan Muslim).

Golongan ketiga yang didoakan oleh Jibril dan diaminkan untuk masuk neraka oleh Rasulullah adalah orang yang tidak berbakti kepada orangtua. Mereka yang melakukan itu, dijamin tidak mendapatkan surga. Seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, "Apakah hak-hak ibu dan bapak?". 

Baca Juga : Dewan Setujui KUA-PPAS APBD Kota Malang Anggaran 2023 dengan sejumlah Catatan

Rasulullah menjawab, mereka adalah jannahmu dan jahanammu. Keridhoan mereka akan membawamu kedalam surga. Sebaliknya, kemurkaan mereka akan menyeretmu ke neraka.

Sebaliknya, dalam hadits dijelaskan, apabila seorang anak berbakti kepada orang tuanya, maka pahalanya adalah sama dengan haji yang maqbul (diterima).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Malaikat Jibril 3 golongan manusia masuk neraka

Berita Lainnya