03/02/2023 Yara Peraih Emas Tinju Porprov, Awalnya Berlatih Taekwondo dan Kick Boxing   | Jatim TIMES

Yara Peraih Emas Tinju Porprov, Awalnya Berlatih Taekwondo dan Kick Boxing  

Jul 09, 2022 16:21
Yara Meyza Alaina yang akrab disapa Yara petinju Putri Banyuwangi yang meraih medali emas dalam Porprov VII Jatim di Kabupaten Bondowoso (Foto: Nurhadi BanyuwangiTIMES)
Yara Meyza Alaina yang akrab disapa Yara petinju Putri Banyuwangi yang meraih medali emas dalam Porprov VII Jatim di Kabupaten Bondowoso (Foto: Nurhadi BanyuwangiTIMES)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Yara Meyza Alaina yang akrab disapa Yara telah mampu meraih medali emas bagi kontingen Banyuwangi dalam cabang olahraga (Cabor) tinju putri Kelas 52 Kilogram Porprov VII Jatim yang dilaksanakan di Alun-alun Ki Ronggo Bondowoso 25 Juni – 3 Juli 2022 lalu.

Rupanya sebelum terjun di cabor tinju, putri pasangan Suryaji -  Ira Puspita asal Bakungan Kecamatan Glagah Banyuwangi ini awalnya menyukai olahraga beladiri Taekwondo saat berusia 12 tahun. Kemudian saat duduk di bangku SMP dia sempat berlatih olahraga Kick Boxing selama 5 tahun.

Baca Juga : Kala Sapi Kurban Hampir 1 Ton Terperosok ke Got di Depan Rumah Ma'ruf Amin, Selamat tapi Alami Patah Kaki

Siswi Kelas X SMA Negeri 1 Banyuwangi tersebut mengaku ingin mengharumkan nama Banyuwangi melalui dunia olahraga khususnya tinju. "Porprov kali ini menjadi tahun pertama diperbolehkannya cabor tinju dipertandingkan. Alhamdulillah mendapatkan medali emas. Harapan ke depan dapat menjadi atlet tinju yang berprestasi di tingkat internasional,” jelas Yara.

Yara dalam keseharian berlatih bersama pelatih Sudiro Husodo, yang akrab disapa Djiro HS. Petinju favorit dan tokoh inspiratif yang dapat menjadikannya semangat berlatih adalah Mohammad Ali seorang petinju dunia yang melegenda.

Selain berlatih olahraga tinju, Yara menyukai olahraga bersepeda dan penggemar menu makanan nasi goreng yang tentunya dia nikmati pada saat tidak ada jadwal pertandingan.

Dalam pertandingan pertama babak semi final cabor tinju di Alun-alun Ki Ronggo Bondowoso, Yara menang Teknik Knock Out (TKO) atas Siti Nur Rochmah asal Kota Pasuruan dalam kelas 52 kilogram putri.

Dalam babak final Yara setelah bertarung ketat selama 3 ronde dinyatakan menang angka atas lawanya Cici Imaniar dari Kabupaten Sidoarjo dan berhak mendapatkan medali emas.

Baca Juga : Kisah Haru Mahasiswi Tersangka Pembuang Bayi yang Dinikahi Kekasihnya di Kantor Polisi

Sekedar informasi dalam Porporv VII Jatim yang dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso kontingen Banyuwangi yang dilatih M Supin dan Djiro HS mampu mendapatkan lima medali; medali emas atas Yara Fayzah Alaina yang akrab disapa Yara dalam kelas 52 Kg Putri dan Aditya Fahmi Kurniawan yang bertanding pada kelas 67 Kg Elite Putra.

Kemudian medali perak diperoleh oleh petinju asal Kecamatan Glenmore M Sairil pada kelas  46 Kg  Youth putra dan Sasmito yang turun dalam kelas 63,5  Elite Putra.

Selanjutya satu medali perunggu atas nama Robbin Maulana yang bertanding pada kelas 67 kg Youth Putra.

Judul berita Yara Peraih Emas Tinju Porprov, Awalnya Berlatih Taekwondo dan Kick Boxing  .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
petinju banyuwangi

Berita Lainnya