Istigasah Akbar hingga Pentas Jaranan Meriahkan Bersih Desa Tunggulsari | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Istigasah Akbar hingga Pentas Jaranan Meriahkan Bersih Desa Tunggulsari

Jun 25, 2022 20:33
Semarak kegiatan bersih Desa Tunggulsari / Foto : Istimewa / Tulungagung
Semarak kegiatan bersih Desa Tunggulsari / Foto : Istimewa / Tulungagung

JATIMTIMES - Rangkaian kegiatan yang dilakukan Pemerintah Desa Tunggulsari, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung seperti tak ada habisnya. Setelah menggelar vaksinasi massal Covid-19, Pemdes Tunggulsari menggelar kegiatan istigasah akbar  dan pentas seni jaranan di hari Jumat dan Sabtu (24-25/6/2022).

Kepala Desa Tunggulsari Didik Girnoto Yekti mengatakan, kegiatan ini sebenarnya rutin tiap tahun dalam rangka Bersih Desa. "Ini sudah rutin selama 8 tahun, hanya dua tahun kemarin ada pendemi maka kegiatannya terbatas karena ada aturan prokes," kata Didik, Sabtu (25/6/2022) di tengah pementasan jaranan.

Baca Juga : Viral, Kakek di Blitar Alami Luka Akibat Dihantam Barongan

Kembali ke Istigasah Akbar, antusias masyarakat yang mayoritas muslim terlihat dengan kehadiran masyarakat memenuhi lokasi yang disediakan. "Masyarakat rindu siraman rohani. Kegiatan istigasah berjalan sukses dan dihadiri ribuan warga untuk berdoa bersama demi keselamatan desa dan negeri ini," ujarnya.

Kemudian, acara dilanjutkan pada Sabtu siang hingga malam dengan kegiatan pentas seni jaranan. "Untuk jaranan ini dipentaskan siang hingga malam hari," ungkapnya.

Selain menjadi hiburan bagi masyarakat, pentas seni jaranan ini juga menghidupkan geliat ekonomi. Terbukti, ratusan pedagang kaki lima tampak menjajakan dagangannya di sekitar venue yang bertempat di Kantor Desa Tunggulsari ini.

"Dengan bersih desa ini, kita bersama warga masyarakat mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui doa bersama. Kemudian rasa syukur itu juga kita wujudkan dengan pesta rakyat berupa kegiatan kesenian yang sudah dirindukan setelah absen selama pendemi berlangsung," tuturnya.

Baca Juga : KONI Kota Batu Langsung Berikan Bonus Mentas ke Atlet Peraih Emas di Porprov VII

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan ini tak lepas dari dukungan masyarakat Desa Tunggulsari. "Selaku kepala desa, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya rangakaian kegiatan bersih desa ini," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bersih desa istigasah bersama

Berita Lainnya