Ratusan Personel Siap Amankan Pilkades Serentak, Kapolres Lamongan Tindak Tegas Pengacau | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Ratusan Personel Siap Amankan Pilkades Serentak, Kapolres Lamongan Tindak Tegas Pengacau

Jun 25, 2022 15:46
Personil gabungan saat apel Gelar Pasukan (foto: Prokopim Lamongan for JatimTIMES)
Personil gabungan saat apel Gelar Pasukan (foto: Prokopim Lamongan for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Polres Lamongan bersama TNI dan Satpol PP siap mengamankan pemungutan suara (coblosan) pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang berlangsung besok, Minggu (26/6/2022).

Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana mengatakan, pihaknya akan menindak tegas dan tidak akan menolerir oknum pengganggu atau pengacau keamanan selama Pilkades berlangsung.

Baca Juga : Beraksi di Beberapa TKP di Jember, 2 Pelaku Spesialis Pencuri Sepeda Motor Berhasil Dibekuk Polisi

Alumnus Akademi Kepolisian 2001 itu, juga akan menindak pelaku judi (botoh) dalam pelaksanaan Pilkades 61 Desa di Kabupaten Lamongan.

"Kami akan menindak tegas pelaku botoh maupun pengganggu Kamtibmas lainnya. Jangan ada yang berani coba-coba ataupun punya niat, Satgas kami tidak ada toleransi terhadap pelaku," ungkap mantan Kapolres Kediri Kota saat apel gelar pasukan, Sabtu (25/6/2022).

Miko mengatakan, ada 408 personel yang disiagakan Polres Lamongan. Rinciannya 130 personel BKO SAT Brimob Polda Jatim, 183 personel Kodim 0812 dan 30 personil siaga on call, serta 122 personel Linmas.

"Seluruh personel akan mengamankan tempat pemungutan suara di 61 desa yang tersebar di 24 kecamatan," katanya.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi melalui Wakil Bupati Abdul Rouf menyampaikan pedoman agar para petugas tetap menjaga mental dan fisik serta mematuhi protokol kesehatan dalam memberikan perlindungan, mengayomi dan melayani masyarakat.

“Petakan setiap kerawanan pada tempat pemungutan suara serta meningkatkan deteksi dini untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat, sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya pemungutan suara dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas,” arahnya.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu guna mewujudkan sinergitas polisonal yang proaktif dalam rangka mewujudkan kondusifitas.

Selain itu, Wabup Rouf juga mengarahkan agar para petugas untuk berpedoman pada SOP yang telah berlaku untuk menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas.

Baca Juga : Kerabat Korban Wanita Jatuh dari Tangga, Menduga Saudaranya Tewas Dibunuh Sang Suami

Pengawasan dan pengendalian secara berjenjang terhadap pelaksanaan tugas dan kinerja personil di lapangan untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dan pelanggaran.

“Bagi segenap personel PAM TPS jaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa Kabupaten Lamongan Tahun 2022,” imbuh Abdul Rouf.

Satuan Limnas, ujar Rouf, diharapkan tetap bersinergi dengan personil Polri dan TNI. Karena Linmas memiliki peran yang sangat strategis yaitu sebagai pilar utama dalam garda terdepan dalam pengamanan langsung kegiatan pemungutan suara di TPS.

Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi covid-19, Wabup Rouf menghimbau agar protokol kesehatan wajib dipatuhi dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menyemprotkan desinfektan secara berkala serta mengecek suhu dengan menggunakan thermo gun.

“Mari kita jadikan apel pergeseran pasukan untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan pemilihan kepala desa Kabupaten Lamongan Tahun 2022,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pilkades serentak lamongan Kabupaten Lamongan

Berita Lainnya