Usulan Surya Paloh Duet Pemersatu Bangsa 2024 ke Jokowi Dapat Dukungan dari Partai Politik | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Usulan Surya Paloh Duet Pemersatu Bangsa 2024 ke Jokowi Dapat Dukungan dari Partai Politik

Jun 25, 2022 11:16
Surya Paloh (Foto: IST)
Surya Paloh (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengusulkan skema duet calon presiden-calon wakil presiden kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usulan itu dilakukan karena Surya Paloh ingin pemimpin bangsa ke depan bisa menghilangkan polarisasi.

Usai pertemuannya bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022), Paloh mengakui sangat menaruh perhatian terhadap isu polarisasi.

"Amat sangat," tegas Surya Paloh.

Baca Juga : Duet Prabowo Subianto dan Cak Imin Dinilai Sulit Menang di Pilpres 2024

Surya Paloh juga mengapresiasi munculnya usulan duet seperti Anies Baswedan-Puan Maharani, Ganjar Pranowo-Anies Baswedan, hingga Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar. Paloh mengaku dirinya tak punya kepentingan apa pun di Pilpres 2024 selain ingin polarisasi hilang.

"Saya bilang, itulah yang impian kita bersama. Polarisasi itu hilang, kita mempersatukan. Itu saya niatkan dan saya tidak punya subjektivitas. Untuk apa? Kan saya bukan kandidat. Kalian tahu itu," kata Surya Paloh.

Surya Paloh pun mengaku bahwa salah satu komposisi duet capres-cawapres tersebut datang darinya.

"Saya akui iya. Jadi apa yang bisa saya sumbangkan dengan hati, dengan kejujuran, apa yang saya pahami yang insyaallah barangkali itu bermanfaat bagi kepentingan kemajuan bangsa ini. Saya pikir itu yang saya prioritaskan," tandas Surya Paloh.

Usulan Surya Paloh disetujui partai politik

Usulan Surya Paloh tentang duet capres-cawapres 2024 pemersatu bangsa itu rupanya juga disetujui oleh beberapa partai politik (parpol). Bahkan, PPP dan PDIP memberikan pujian pada ide Paloh tersebut. 

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan keinginan Paloh itu sejalan dengan banyak keinginan partai lain, termasuk PPP.

"Apa yang menjadi keinginan Pak Surya Paloh sesungguhnya juga sejalan dengan keinginan banyak parpol lainnya, termasuk PPP," ujar Arsul Sani.

Baca Juga : Beraksi di Beberapa TKP di Jember, 2 Pelaku Spesialis Pencuri Sepeda Motor Berhasil Dibekuk Polisi

Ia mengaku tak mengetahui siapa saja sosok duet pemersatu bangsa pilihan Surya Paloh. Terlepas dari siapa sosoknya, Arsul mendorong pasangan calon presiden dan wapres di Pilpres 2024 lebih dari 2. 

Di sisi lain, Arsul enggan bicara siapa sosok pemersatu bangsa versinya. Namun, ia menilai sosok itu bisa berasal dari tokoh dengan latar nasionalis dan religius.

Sedangkan, Senior PDIP Hendrawan Supratikno menyebut usulan Surya Paloh logis untuk meredam polarisasi. Hendrawan yakin usulan Paloh itu akan mendapat perhatian dari tokoh bangsa atau siapapun yang punya kepedulian terhadap masa depan bangsa.

"Usulan Pak Surya Paloh merupakan usulan yang logis, merupakan refleksi dan perenungan mendalam, dan hasil metode berpikir deduktif," ujar Hendrawan.

Usulan tersebut kata Hendrawan, bisa meredam polarisasi saat masa Pemilu 2024. Menurutnya, usulan Paloh itu juga bisa mencegah orang mencari keuntungan dari polarisasi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
duet pemersatu bangsa Surya Paloh

Berita Lainnya