Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Rencana Pakai Anggaran Belanja Tak Terduga, Pemkot Batu Bakal Beri Bantuan Peternak Terdampak PMK

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

23 - Jun - 2022, 19:09

Placeholder
Petugas membantu peternak menyemprotkan eco enzyme di Kota Batu.

JATIMTIMES - Hadirnya penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kota Batu membawa musibah bagi peternak. Tak sedikit kerugian yang dialami peternak.

Karena itu, Pemkot Batu berencana memberikan bantuan. Namun bantuan yang diberikan bukan seperti sebelumnya, yakni vitamin untuk hewan ternak. Bantuan apa yang bakal diberikan masih dalam pembahasan lebih lanjut.

Baca Juga : Dewan Minta Laporan Tindak Lanjut Rekomendasi BPK soal LKPJ APBD 2021

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, nantinya bantuan yang akan ditujukan kepada peternak di Kota Batu menggunakan anggaran belanja tidak terduga (BTT). “Harapannya nanti lewat BTT bisa mempercepat menyelesaikan masalah ini,” ujar Punjul.

Teyapi, bentuk bantuan  yang akan diberikan nantinya masih menjadi tanda tanya. Tapi yang jelas, Pemkot Batu bukan memberikan bantuan berupa sapi yang mati.

Karena itu, sambil menunggu vaksin, di tengah merambahnya kasus tersebut, cairan eco enzyme (EE) dinilai mampu menyembuhkan PMK pada hewan ternak sapi. Karena itu, saat ini peternak di Kota Batu berupaya mencegah dan penyembuhan dengan EE.

Eco enzyme  diyakini bisa mempercepat penyembuhan PMK pada hewan ternak sapi di Kota Batu. Meski belum ada penelitian secara empiris, beberapa peternak di Kota Batu sudah menggunakan EE dan berhasil.

Baca Juga : Pengalokasian BTT untuk Penanganan PMK di Kabupaten Malang Masih Tarik Ulur

“Kalau vaksin dikirim pemerintah pusat, tentu kami akan segeram melakukan vaksinasi. Jadi, sementera kami pakai EE,” tutup Punjul.

Dari data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu, ada 1.384 ekor sapi yang terdampak. Sebanyak 32 ekor  di antaranya mati, 188 dinyatakan sembuh, dan 57 ekor sapi tepaksa dilakukan potong paksa. Saat ini PMK sudah menyebar di 12 desa/kelurahan di Kota Batu.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy