Dapat Apresiasi dari Ketua TP PKK Jatim, Kades Kendalbulur Optimistis Juara 1, Siap Ikut Lomba Tingkat Nasional | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dapat Apresiasi dari Ketua TP PKK Jatim, Kades Kendalbulur Optimistis Juara 1, Siap Ikut Lomba Tingkat Nasional

Jun 23, 2022 19:11
Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin (tengah) di Balai Desa Kendalbulur. Kamis, 23/6/2022. (Foto: Dwi for TulungagungTIMES)
Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin (tengah) di Balai Desa Kendalbulur. Kamis, 23/6/2022. (Foto: Dwi for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Dengan sederet pretasi yang sudah diraih dan inovasi-inovasi yang dilakukan, Kepala Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Anang Mustofa, optimistis bisa mendapat juara 1 pada lomba Desa dan 10 program pokok PKK Provinsi Jawa Timur 2022.

Selain itu, sia juga mengaku siap mewakili Pemprov Jatim untuk ikut pada perlombaan desa pada tingkat Nasional. "Kami optimis dan siap apabila terpilih sebagai juara 1 tingkat Provinsi untuk mewakili Pemprov Jatim di tingkat Nasional," kata Anang Mustofa di Balai Desa Kendalbulur, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga : Buka Seminar Kebangsaan di Desa Karangtalun, Sarmuji Minta Masyarakat Waspadai Kelompok Pemecah Belah Bangsa 

 

Sikap optimistisnya itu, menurutnya bukanlah tanpa alasan, karena bisa dibuktikan dari prestasi-prestasi yang sudah diraih oleh Desa Kendalbulur dalam 2 tahun terakhir.  Terbaru, pada minggu lalu telah masuk nominasi 10 besar pada lomba video kreatif tingkat Provinsi Jatim.

Selain itu, 2021 lalu Desa Kendalbulur mendapat juara 1 lomba BUMDesa tingkat Provinsi Jatim, dan di tahun yang sama Desa Kendalbulur menjadi salah satu dari 17 Desa di Indonesia yang menjadi desa dampingan PT Astra dalam program kampung berseri Astra.

Pada 2020, sebut Anang, Desa Kendalbulur juga masuk 16 besar Nasional pada program Desa Brillian dampingan BRI.

"Jadi Insyaallah, kami sangat siap sekali apabila diperkenankan mewakili Provinsi Jawa Timur untuk lomba ditingkat Nasional," tegasnya.

Menurut Anang, selain prestasi mempunyai sederet prestasi, Desa Kendalbulur juga mempunyai banyak inovasi pada TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) diantaranya kelompok informasi masyarakat (KIM), Kami Dansa Bali, Darwis Tanggap Bencana, Santunan Dhuafa, Garden Celocia dan Eduwisata Matematika.

Untuk program Inovasi Desa, lanjut Anang, diantaranya, pertama digitalisasi desa, kedua kampung patin, kampung kambing dan kampung tembakau. Ketiga adalah Nangkula Park (wisata desa yang dikelola oleh Bumdesa Larasati) dan keempat program Sadewa (santunan dari desa untuk warga yang meliput 4 subsidi dibidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan subsidi PBB rumah warga).

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat kepada Desa Kendalbulur atas prestasi yang telah diraih dan inovasi yang telah dilakukan.

Menurutnya, memulai mendapatkan prestasi itu lebih mudah dari pada mempertahankan prestasi yang didapat, karena jika sudah mendapat prestasi maka standar yang diminta masyarakat menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca Juga : MAN Bangkalan Jadi Tuan Rumah Rakor Kepala K3MA, 115 MAN se-Indonesia Unjuk Karya 

 

"Untuk mempertahankan prestasi harus bekerjasama, harus semangat terus, tidak boleh lelah, terus inovasi. Mudah-mudahan setiap tahun Desa Kendalbulur bisa membanggakan Pemkab Tulungagung dan Provinsi Jatim," katanya.

Sebagai Ketua TP PKK dan mewakili tim penilai lomba, Arumi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TP PKK Kabupaten Tulungagung sampai dengan Kecamatan dan Desa yang telah berhasil dan sukses masuk nominasi dalam penilaian lapang.

Nominasi penilaian lapang, dilakukan setelah sebelumnya sukses dalam penilaian administrasi dan penilaian paparan TP PKK Desa Kendalbulur di Kantor Dinas PMD Jatim yang diselenggarakan pada 17-19 Mei 2022 yang lalu.

"Semoga seluruh lapisan masyarakat desa Kendalbulur, bisa menyambut baik dan mendukung kesuksesan gerakan PKK di Desa Kendalbulur," harapnya.

Arumi juga berharap, dalam kegiatan penilaian lomba tingkat Provinsi itu, dapat melihat dan mendapatkan informasi seterang-terangnya, sejelas-jelasnya tentang gerakan 10 program pokok PKK di Desa Kendalbulur secara benar, nyata, valid dan dapat dipertanggungjawabkan dari para pengurus Desa dan Kader PKK Desa.

"Tadi banyak sekali inovasinya, mudah-mudahan bisa menjelaskan, dan bisa dicontoh di Kabupaten/Kota yang lain minimal Desa lain di Kabupaten Tulungagung," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
anang mustofa Kabupaten Tulungagung

Berita Lainnya