Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkot Malang Ajukan 2.800 Dosis Vaksin PMK untuk Sapi Sehat

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

21 - Jun - 2022, 20:10

Placeholder
Salah satu peternak di Kota Malang ketika merawat sapinya agar terhindar dari PMK. (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) telah mengajukan 2.800 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk sapi sehat di Kota Malang kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispangtan Kota Malang Sri Winarni melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Anton Pramujiono menyampaikan, hingga saat ini Kota Malang belum mendapatkan distribusi vaksin PMK untuk hewan ternak. 

Baca Juga : Cegah PMK Meluas, Pemdes Dampit Gencarkan Sosialisasi

Terlebih lagi, di Provinsi Jatim terdapat empat kabupaten yang masuk kategori wabah PMK yakni Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Mojokerto. 

Lalu untuk Kota Malang beserta 26 kabupaten/kota lainnya masuk dalam kategori tertular PMK. Sedangkan tujuh kabupaten/kota yakni Kabupaten Pamekasan, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Ngawi, Kota Madiun dan Kota Mojokerto masuk dalam kategori bebas PMK. 

Anton menjelaskan, bahwa untuk pemberian vaksin PMK diperuntukkan bagi hewan ternak yang sudah maupun yang masih sehat. Karena terkait pemberian vaksin PMK juga telah diatur dalam peraturan yang dibuat oleh pemerintah. 

"Jadi orientasi kita kepada ternak yang sehat dulu dan kurang lebih kita kemarin mengajukan sekitar 2.800 vaksin dosis ke provinsi (Jatim)," ungkap Anton kepada JatimTIMES.com. 

Nantinya, untuk pendistribusian vaksinnya sendiri, Anton menyampaikan bahwa hal itu merupakan kewenangan pihak Pemprov Jatim. Pasalnya, terdapat prioritas-prioritas daerah di Provinsi Jatim yang juga harus segera tertangani dengan pemberian vaksin PMK agar tidak semakin meluas. 

Baca Juga : Total 1.384 Ekor Sapi di Kota Batu Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku, Tersebar di 12 Desa-Kelurahan

"Ada prioritas - prioritas tertentu yang akan dilakukan oleh provinsi. Kita menunggu konfirmasi lebih lanjut dari provinsi (Jatim)," ujar Anton. 

Lebih lanjut, pihaknya menyebutkan data populasi hewan ternak di Kota Malang. Berdasarkan data yang terdapat di Dispangtan Kota Malang populasi hewan ternak total sebanyak 5.362. Di mana, jumlah total 5.362 populasi hewan ternak tersebut terdiri dari sapi 2.892 ekor, kambing 2.035 ekor, domba 352 ekor, kerbau 83 ekor, sedangkan untuk babi nihil. Pasalnya, di Kota Malang tidak terdapat peternakan babi. 

Sementara itu, sebagai informasi berdasarkan rekap data Dispangtan Kota Malang sejak 11 Mei hingga 20 Juni 2022 terdapat total 296 hewan ternak sapi yang terjangkit PMK di Kota Malang. Sebanyak 96 ekor dinyatakan sembuh, 1 ekor mati, 135 ekor dilakukan pemotongan paksa dan 64 ekor dalam pengobatan. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana