Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Penataan Pedestrian Zona Tiga Kayutangan Heritage Ditarget Selesai Akhir November 2022

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Jun - 2022, 21:52

Placeholder
Tampak pedestrian yang berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kota Malang atau yang biasa dikenal dengan kawasan Zona Tiga Kayutangan Heritage, Jumat (17/6/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang menargetkan penyelesaian penataan zona tiga Kayutangan Heritage pada akhir Bulan November 2022.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi.

Baca Juga : Santunan Yatim dan Dhuafa Bersama Rumah Sedekah NU 2 Karangploso

"Kalau targetnya (penyelesaian penataan zona tiga Kayutangan Heritage) akhir kontraknya kan November (2022)," ungkap Diah kepada JatimTIMES.com, Jumat (17/6/2022).

Nantinya, untuk penataan pedestrian di zona tiga Kayutangan Heritage akan meliputi penambahan fasilitas publik di sekitar pedestrian, salah satunya jalur pemandu disabilitas. Kemudian pembenahan saluran drainase dan sumur resapan, pemasangan batu andesit, pengaspalan, serta pemasangan sistem ducting kabel bawah tanah.

Diah menjelaskan, pemindahan kabel fiber optic seiring penuntasan infrastruktur ducting juga telah ditekankan kepada para provider agar bersiap untuk menyesuaikan konsep penataan zona tiga Kayutangan Heritage.

"Ada 26 kursi sanitair, nanti dipercantik juga pedestrian dengan 71 bollard berbentuk bola dan 64 bollard tiang pada area penyeberangan. Insya allaah ini bagian support Pemkot pada sentra industri lokal," ujar Diah. 

Selain itu, lebar dari pedestrian di sepanjang zona tiga Kayutangan Heritage yang terhitung mulai Eks Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) hingga Kawasan Tugu Chairil Anwar. Untuk lebar pedestrian akan bervariasi dengan lebar ruang manfaat 12 meter, sehingga akan semakin membuat nyaman pengunjung.

Baca Juga : Buntut Pengeroyokan Seorang Pemuda di Kota Malang, Polisi Tahan Dua Orang

Di mana dari pedestrian yang sudah ada, lebar pedestrian akan bertambah kurang lebih antara satu sampai 1,5 meter. Jumlah tersebut menyesuaikan dengan bentuk pedestrian. Karena beberapa sisi pedestrian nantinya dilakukan pelebaran dengan lebar yang tidak sama.

Sementara itu, sebagai informasi bahwa penataan zona tiga Kayutangan Heritage telah disosialisasikan oleh DPUPRPKP Kota Malang pada Rabu (18/5/2022) lalu. Harapannya, dengan adanya penataan zona tiga ini, Kayutangan Heritage semakin indah dan tentunya semakin kental dengan nuansa heritagenya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni