Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

HUT Kota Mojokerto, RSUD Wahidin Gratiskan Operasi Katarak dan Bibir Sumbing, Alat yang Digunakan Canggih

Penulis : Abdullah M - Editor : Dede Nana

15 - Jun - 2022, 14:37

Placeholder
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari

JATIMTIMES - Pemerintah Kota Mojokerto melaksanakan rangkaian peringatan HUT ke-104 Kota Mojokerto dengan kegiatan operasi katarak gratis dan operasi bibir sumbing. Kegiatan yang dilakukan di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto ini dilakukan secara gratis atau tidak dipungut biaya.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, operasi katarak yang dilakukan di RSUD milik Pemkot ini sudah menggunakan alat yang super canggih. Yakni dengan teknologi Phaco Emulsifikas. 

Baca Juga : Truk Muat Tebu dan Buruh Tani Terguling di Jombang, 4 Orang Tewas

"Sehingga tidak perlu lagi menggunakan sayatan, pisau dan jahitan, cukup dengan metode yang terlihat sederhana dengan kecanggihan alat tersebut karena saya tadi melihat  secara langsung proses operasi itu," jelasnya saat memantau kegiatan operasi katarak dan bibir sumbing gratis di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Hudoso, Rabu (15/6/2022).

Wali Kota yang biasa disapa Ning Ita ini menjelaskan, dengan teknologi tersebut, operasi katarak di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo dapat dilaksanakan dengan metode yang terlihat sederhana dalam waktu yang cukup singkat. 

"Proses operasi itu yang hanya memakan waktu 15 menit untuk satu pasien. Dan setelahnya pasien tidak merasakan sakit apapun. Cukup ditutup selama 1x24 jam setelahnya perban sudah bisa dibuka dan dapat melihat secara normal," tuturnya. 

Selain melaksanakan operasi katarak gratis, Pemkot Mojokerto juga melaksanakan operasi bibir sumbing gratis. Hal ini sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mojokerto ke-104. 

Dalam kesempatan ini, RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo melakukan operasi bibir sumbing kepada dua balita. 

Baca Juga : Seleksi Terbuka JPTP Pemkab Malang, Hanya 9 Jabatan yang Dilaporkan ke KASN

"Tadi ada dua pasien untuk yang operasi bibir sumbing, dua-duanya masih balita, usia 5 tahun dan 10 bulan. Sedangkan untuk operasi kataraknya ada 8 pasien, dan yang katarak ini tidak cuma lansia termasuk yang masih usia 40 an juga sudah ikut dalam operasi katatak gratis ini. Semuanya tidak dipungut biaya sama sekali," lanjutnya.

Wali Kota Perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menyebut, operasi bibir sumbing yang dilakukan di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo dipastikan aman dan memiliki hasil yang baik. Hal ini dikarenakan RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo memiliki dokter spesialis bedah estetik. 

"Dan itu merupakan dokter spesialis bedah estetik satu-satunya di Kota Mojokerto. Sehingga tentu saja hasilnya akan terlihat lebih halus lebih cantik karena bibir sumbing ini terkait dengan estetika wajah manusia," pungkas istri Supriadi Karima Saiful ini.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abdullah M

Editor

Dede Nana