Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

DPRD Lumajang Minta Pemkab Amankan Kesehatan Hewan Kurban

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : A Yahya

09 - Jun - 2022, 07:09

Placeholder
Wakil Ketua DPRD Lumajang dari PPP H. Akhmat ST (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wakil Ketua DPRD Lumajang H. Akhmat ST untuk memberikan kepastian tentang keamanan, mutu dan kesehatan hewan kurban, pada Hari Raya Idul Adha 9 Juli mendatang.

Jika virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belum bisa dituntaskan, hendaknya transaksi hewan kurban benar-benar mendapatkan pengawasan dari tenaga kesehatan hewan, baik sapi maupun kambing.

Baca Juga : Pidato di Mesir, Gus Fahrur Bicara Tentang Pencegahan Ekstrimisme dan Radikalisme

 

"Biasanya menjelang Hari Raya Kurban selalu ada pedagang hewan, baik sapi maupun kambing yang membuka lapan disejumlah titik di Lumajang. Disini saya minta tenaga kesehatan kita harus hadir memastikan mutu dan kesehatan sapi uang diperjualbelikan," kata H. Akmat ST, Wakil Ketua DPRD Lumajang kepada Jatimtimes, Rabu (8/6) sore kemarin.

Selain pada penjual dadakan yang biasanya banyak bermunculan menjelang Idul Adha, pasar hewan yang ada di Lumajang harus mendapatkan pengawasan yang ketat, untuk memastikan sapi yang akan masuk ke pasar hewan benar-benar sehat.

"Jika nanti pasar hewan dibuka kembali, maka pengawasannya harus maksimal, agar masyarakat tidak was-was," harap  H. Akhmat kemudian.

Polisi PPP ini berharap, penutupan pasar hewan tidak berlanjut jika situasinya sudah memungkinkan untuk dibuka kembali.

Baca Juga : Satu Arah Jembatan Tunggulmas Tak Jadi Dilakukan, Kini Gunakan Traffic Light

 

"Solusi utamanya adalah penyembuhan hewan itu sendiri. Penularan bisa diatasi, obat-obatan dicukupi, dan melibatkan seluruh stake holder yang ada. Penutupan pasar ini hanya solusi sementara, yang saya harapkan segera dibuka kembali setelah situasinya memungkinkan," ujar H. Akhmat kemudian.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

A Yahya