10/12/2022 Kunker ke Pemkot Blitar, Rombongan Pemkab Malang Sempatkan Ziarah ke Makam Sang Proklamator | Jatim TIMES

Kunker ke Pemkot Blitar, Rombongan Pemkab Malang Sempatkan Ziarah ke Makam Sang Proklamator

Jun 07, 2022 18:48
Bupati Malang HM. Sanusi saat disambut oleh Walikota Blitar H. Santoso. (Foto: Humas Prokopim Kabupaten Malang).
Bupati Malang HM. Sanusi saat disambut oleh Walikota Blitar H. Santoso. (Foto: Humas Prokopim Kabupaten Malang).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar pada Selasa (7/6/2022). Dalam kunker tersebut, Pemkab Malang telah menjadwalkan sejumlah kegiatan. Seperti studi, menjalin komunikasi dan mengetahui, serta mempelajari berbagai program, inovasi, maupun best practice, yang dikembangkan oleh Pemkot Blitar.

Selain itu, rombongan yang dipimpin langsung oleh Bupati Malang HM. Sanusi juga beriarah ke makam Presiden Pertama Republik Indonesia Bung Karno, sekaligus Bapak Proklamator, yang telah berjasa membawa negeri ini menjadi negeri yang merdeka dan berdaulat.

Baca Juga : Banggar dan Fraksi DPRD Beri Catatan Kritis pada Bupati Tulungagung, Ini Poin-Poin Lengkapnya

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kesediaan Pemerintah Kota Blitar dapat menerima kunjungan kami. mudah-mudahan kunjungan ini dapat memberikan manfaat, dan dapat menjadi sarana untuk mempererat jalinan silaturahmi, serta persahabatan di antara kita semua," ujar Sanusi. 

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Malang, Didik Gatot Subroto menangkap ada hal menarik yang dinilai inspiratif, dan dilakukan oleh Pemkot Blitar. Dimana semua ASN di Pemkot Blitar mewajibkan untuk menggunakan pin Bung Karno. Hal tersebut dinilai sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa Sang Proklamator semasa hidupnya untuk kepentingan republik ini.

Bupati Malang HM. Sanusi didampingi Wabup Malang Didik Gatot Subroto, Sekda Wahyu Hidayat dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi saat ziarah ke makam Bung Karno.(Foto: Humas dan Prokopim Kabupaten Malang).

"Ini kan sesuatu yang baik. Artinya pada saat ini dipergunakan setidaknya nama Bung Karno ini akan teringat dan dikenang di dalam hati dan jiwa seluruh ASN yang ada di Pemerintah Kabupaten Malang. Seperti halnya yang dilakukan di Kota Blitar ini," ujar Didik. 

Di sisi lain, pada bulan Juni yang dikenal sebagai bulan Bung Karno ini, Didik menjelaskan bahwa Pemkab Malang telah mempersiapkan sejumlah agenda, yang diawali dengan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022 lalu. 

"Tanggal 6 kemarin juga kita adakan tahlil mengundang tokoh-tokoh organisasi keagamaan di Kabupaten Malang. Itu sudah dilaksanakan kemarin, dan hari ini mereka juga turut kita undang serta para tokoh mulai dari Ketua PCNU kemudian MUI, LDII, dan seluruh ketua-ketua organisasi keagamaan untuk hadir untuk ikut serta," terang Didik. 

Selesai bersilaturahmi bersama Wali Kota Blitar, Bupati Malang bersama dengan rombongan juga menyempatkan diri melakukan salat berjamaah di Masjid Jami yang berada di Alun-alun Kota Blitar. Bupati Malang, menjadi imam salat berjamaah kali ini.

Baca Juga : Kasus PMK di Kabupaten Blitar Meluas ke 12 Kecamatan

 

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Darmadi menyampaikan, setidaknya hingga hari ini, Bupati Malang telah mengagendakan 3 rangkaian acara dalam rangka memeriahkan Bulan Bung Karno.

Selaku pimpinan lembaga legislatif di Kabupaten Malang, Ketua DPRD Kabupaten Malang, dirinya menyatakan kesanggupannya untuk mendukung suksesnya keberlangsungan Bulan Bung Karno di Kabupaten Malang. 

"Nanti juga sudah disiapkan beberapa program ada sarasehan, ada seminar, kemudian ada kegiatan bazar yang akan kita lakukan di beberapa wilayah," ujar Darmadi. 

Sebagai informasi, dalam kunker tersebut, Bupati Malang HM. Sanusi juga didampingi oleh Wabup Malang Didik Gatot Subroto, Ketua DPRD Darmadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Wahyu Hidayat, sejumlah jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan tokoh agama (Toga). Kedatangan rombongan ini disambut langsung oleh Wali Kota Blitar H. Santoso, Wakil Wali Kota Blitar H. Tjutjuk Sunariyo, serta Sekertaris Daerah Kota Blitar. 

Judul berita Kunker ke Pemkot Blitar, Rombongan Pemkab Malang Sempatkan Ziarah ke Makam Sang Proklamator.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pemkab Malang Pemkot Blitar

Berita Lainnya