06/12/2022 Anggarkan Rp 5 Miliar, Kota Batu Tambah 183 Lampu Jalan dan Lampu Lingkungan | Jatim TIMES

Anggarkan Rp 5 Miliar, Kota Batu Tambah 183 Lampu Jalan dan Lampu Lingkungan

Jun 04, 2022 18:35
Petugas saat memasang lampu penerangan di kawasan Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas saat memasang lampu penerangan di kawasan Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pewarta: Irsya Richa | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Pemkot Batu tahun ini bakal menambah fasilitas penerangan jalan umum (PJU) sekaligus penerangan jalan lingkungan (PJL) di wilayahnya. 

Rencananya ada 183 PJU dan PJL yang bakal dipasang  di 15 titik. Rinciannya ada 144 PJU dan 39 PJL.

Baca Juga : Maksimalkan Pendapatan, Bapenda Menyapa Desa Mulai Lakukan Pemetaan

Kasi Penerangan Jalan Umum Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu Dedy Angga Satriawan menjelaskan, tiang baru PJU akan dipasang di 12 titik. “Masing-masing titik terdapat 12 tiang,” ujar Angga. 

Sementara penambahan PJL sebanyak 39 tiang baru di tiga titik. Tiap titik terdapat 13 tiang.

Anggaran untuk pemasangan PJU dan PJL untuk tahun 2022 ini mencapai Rp 5 miliar. PJU dan PJL memiliki harga yang berbeda.

Setiap titik PJL menghabiskan anggaran yang berbeda-besa. Untuk tiang setinggi 6 meter dan lampu led 40 watt seharga Rp 15,1 juta. Lalu untuk PJU, tiap titiknya seharga Rp 17,3 juta dengan menggunakan tiang sepanjang 8 meter dan lampu led 90 watt.

“Kalau nanti pemasangan PJU dan PJL dinilai masih kurang, bisa diajukan lagi di perubahan anggaran keuangan,” ujar Angga.

Baca Juga : 6 Alumni SMK TBSM Binaan MPM Honda Jatim Ikuti Program AHYPP

Sementara itu, pada tahun 2021 lalu, DPUPR Kota Batu sudah memasang lebih banyak PJU. Yakni sejumlah 544 tiang di 34 titik. Masing-masing titik memiliki 16 tiang.

Lalu untuk PJL sebanyak 286 tiang yang ada di 22 titik dengan masing-masing titik memiliki 13 tiang. Dari total pemasangan tahun lalu, secara keseluruhan anggaran pembangunan PJU dan PJL di Kota Batu mencapai Rp 14,6 miliar.

Judul berita Anggarkan Rp 5 Miliar, Kota Batu Tambah 183 Lampu Jalan dan Lampu Lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Penerangan Jalan Umum penerangan jalan lingkungan

Berita Lainnya