Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pertumbuhan Ekonomi Tulungagung Alami Peningkatan, Industri Pengolahan Paling Dominan

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Yunan Helmy

30 - May - 2022, 19:48

Placeholder
Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo saat membuka Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pengendalian Inflasi di Kabupaten Tulungagung. Senin, 30/5/2022. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tulungagung 2021 mengalami peningkatan jika dibandingkan angka pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo usai membuka Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pengendalian Inflasi di Kabupaten Tulungagung di Ruang Prajamukti Kantor Pemkab Tulungagung, Senin (30/5/2022).

Menurut dia, angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tulungagung pada tahun 2021 sebesar 3,53 persen. Sedangkan tahun 2020 mencapai kurang lebih 3,09 persen. Hal ini menjadi kabar yang menggembirakan karena pertumbuhan ekonomi Tulungagung mengalami peningkatan.

Baca Juga : Crash Box, Perangkat Keselamatan Redam Energi saat Tabrakan, Antar Dosen UB Jadi Profesor

“Kabar baik, untuk angka pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 sebesar 3,53 persen, mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2020 yang mencapai kurang lebih 3,09 persen,” katanya.

Untuk itu, Gatut Sunu berharap peningkatan pertumbuhan bisa berlanjut pada tahun 2022 karena pemkab telah menarget pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 3,65 persen. Sedangkan angka inflasi Tulungagung mengalami penurunan. Yakni tahun 2021 sebesar 1,64 persen dan April 2022 sebesar 1,15 persen.

“Sebenarnya inflasi di Kabupaten Tulungagung masih dapat dikendalikan dengan baik seiring permintaan dan penawaran pasar yang ada,” ucapnya.

Struktur perekonomian di Kabupaten Tulungagung, sambung  Gatau Sunu, didominasi oleh lima kategori. Di antaranya industri pengolahan yakini 22,81 persen, perdagangan besar dan eceran 20,26 persen, pertanian kehutanan dan perikanan 19,26 persen, serta  informasi dan komunikasi  6,04 persen.

Dengan mengoptimalkan sektor-sektor itu, Pemkab Tulungagung berusaha bangkit dalam memulihkan perekonomian dengan berbagai kebijakan yang dilaksanakan. Di antaranya berupa pengendalian tingkat inflasi dengan harapan daerah dapat mempertahankan permintaan efektif dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

“Pengendalian tingkat inflasi menjadi salah satu fokus utama kita dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satunya dengan membentuk tim pengendalian inflasi daerah,” ungkapnya.

Dijelaskan, tim pengendali tugas inflasi daerah memiliki tugas. Di antaranya menyusun dan melaksanakan kebijakan pengendalian inflasi di Tulungagung, dengan memperhatikan kebijakan pengendalian inflasi nasional dan pengendalian inflasi pada tingkat provinsi.

Sebagai upaya memulihkan perekonomian Tulungagung, berbagai kebijakan melalui program maupun kegiatan sudah dijalankan oleh pemkab. Program maupun kegiatan yang dimaksud antara lain melakukan monitoring dan evaluasi harga bahan pokok serta barang penting lainnya secara rutin dalam setiap bulan.

Baca Juga : Tetap Kompetitif di Era Digital, Bank Jatim Raih Penghargaan Bank Terbaik 2022 

Penyediaan informasi harga pasar produk peternakan, peningkatan pengolahan dan pemasarannya, fasilitasi usaha mikro menjadi kecil dalam pembiayaan, pengembangan produksi, pengolahan, pemasaran, SDM, perzinan dan teknologi melalui pelatihan-pelatihan dan sosialisasi.

Selain itu, program maupun kegiatan lain yang sudah dilaksanakan pemkab adalah pengendalian dan pendampingan pangan, hortikultura dan perkebunan, pengelolaan pendanaan dan media komunikasi publik, pengujian, pengawasan sarana prasarana kelancaran komoditas. Juga pengelolaan pemberdayaan pemasaran bidang perikanan, pemberian stimulan pangan dan menggelar pangan murah untuk masyarakat, kegiatan operasi pasar minyak goreng dengan provinsi, Bulog Cabang Tulungagung, dan distributor minyak goreng.

Serta penetapan kebijakan daerah berupa pembentukan layanan terpadu satu atap, penempatan dan perlindungan ketenagakerjaan, kebijakan tentang kewaspadaan dini penyakit mulut dan kuku di Tulungagung, dukungan terhadap pemulihan ekonomi nasional melalui fasilitasi dan koordinasi percepatan pelaksanaan, dan berbagai program dan kegiatan unggulan lainnya,

"Yang tidak kalah pentingnya adalah peran dan kontribusi berbagai pihak yang terus bersinergi dan bekerja sama dalam rangka menjaga ketersediaan stok, kestabilan harga dan kelancaran distribusi komoditas," tambahnya.

Terakhir, dirinya mengajak semua stakeholder di Tulungagung untuk meningkatkan komunikasi yang efektif, terus melakukan inovasi dan terobosan agar tingkat inflasi daerah bisa semakin terkendali.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Yunan Helmy