30/11/2022 Spirit Anti Korupsi, UPG UIN Malang Benchmarking ke Inspektorat Boyolali | Jatim TIMES

Spirit Anti Korupsi, UPG UIN Malang Benchmarking ke Inspektorat Boyolali

May 28, 2022 18:39
Tim UPG UIN Maliki Malang melakukan benchmarking ke Kantor Inspektorat Boyolali, Jawa Tengah (Ist)
Tim UPG UIN Maliki Malang melakukan benchmarking ke Kantor Inspektorat Boyolali, Jawa Tengah (Ist)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Optimalisasi peranan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), tim UPG Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melakukan benchmarking ke Kantor Inspektorat Boyolali, Jawa Tengah (27/5/2022). Hal ini juga merupakan langkah awal dalam melakukan tata kelola yang baik terhadap unit yang baru terbentuk setahun terakhir ini.

Alasan kunjungan tim UPG UIN Maliki Malang ke Inspektorat Boyolali, lantaran memiliki rekam jejak yang bagus dalam hal pengendalian gratifikasi. Selama dua tahun berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Boyolali mendapat penghargaan tingkat Nasional terkait pengendalian Gratifikasi yang diselenggarakan oleh KPK. 

Baca Juga : Badan Pangan Nasional Pastikan Wabah PMK Tak Pengaruhi Pasokan Daging

Drs Gatot Murdianto, selaku Inspektur Inspektorat Boyolali, menyampaikan, jika dalam upaya merintis UPG hingga Zona Integritas memang tak dipungkiri mendapatkan banyak tekanan dari berbagai pihak. Namun dengan support pimpinan daerah dan pihak terkait lainnya, pengendalian gratifikasi bisa terlaksana dengan baik. 

Spirit "Berbagi Tanpa Gratifikasi", hal ini dibuktikan dengan adanya komitmen Bupati Boyolali dalam hal pelaporan parcel lebaran kepada UPG Kabupaten Boyolali. Hal ini juga diikuti oleh para ASN lainnya yang mulai terbuka untuk melaporkan pemberian lainnya kepada UPG Boyolali. 

Selain komitmen pimpinan, upaya Inspektorat Boyolali selanjutnya adalah membentuk UPG Pembantu di masing-masing Unit Kerja hingga di tingkat desa di Kabupaten Boyolali.

"Upaya lain dalam memberantas gratifikasi, juga dilakukan dengan menggelar lomba ‘Penghargaan Insan UPG Pembantu yang diikuti oleh 114 UPG Pembantu di Kabupaten Boyolali’," jelasnya.

Achmad Nasution, SE MSi, Kasubag Evaluasi dan Pelaporan Inspektorat Boyolali menambahkan, dalam upaya memberantas gratifikasi, pihaknya juga memanfaatkan teknologi. Digitalisasi yang berkembang, diwujudkan Inspektorat Boyolali dengan membuat sebuah website. 

Dalam website tersebut memuat SiHarka Boy untuk pelaporan kekayaan ASN Boyolali, MCD Boyolali tentang pembangunan berkelanjutan, MCP monitoring Center Pencegahan Korupsi, Survei Penilaian Integritas, WBS Whistleblowing System, Sistem Informasi Reformasi Boyolali, serta e-Monev UPG Pembantu Boyolali. 

Baca Juga : Mantapkan Internasionalisasi Kampus, KUI UIN Malang Benchmarking Tata Kelola ke KUI UGM

"Melalui web tersebut UPG Pembantu di masing-masing unit kerja melapor serta menerima rapor triwulan terkait kinerja pengendalian gratifikasi unit masing-masing. Sehingga terpantau secara transparan serta membangun motivasi karena dengan nilai rapor UPG pembantu yang baik akan ada penghargaan tersendiri dari Inspektorat serta pimpinan Kabupaten Boyolali," paparnya.

Sementara itu, Dr. Khoirul Hidayah, M H selaku Ketua UPG UIN Malang pun tertarik menelaah lebih lanjut inovasi Inspektorat Kabupaten Boyolali terkait UPG. Presentasi apik dari Inspektorat Boyolali mendapatkan apresiasi, Dr Khoirul Hidayah MH.

"Kami harap UPG UIN Malang termotivasi untuk membangun tata kelola lebih baik lagi sehingga spirit Integritas dan Anti Korupsi semakin membumi di UIN Malang,"pungkasnya.

Dalam kunjungan Tim UPG UIN Malang ke Inspektorat Boyolali, turut serta Abdul Ghofar Ahmad Chan SH selaku sekretaris UPG dan 3 anggota lainnya, Abdul Kadir MH, Sheila Kusuma Wardani Amnesti MH dan Fathul Qorib MH. 

Judul berita Spirit Anti Korupsi, UPG UIN Malang Benchmarking ke Inspektorat Boyolali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
UIN Malang UIN Maliki Malang

Berita Lainnya