Pemkot Kediri Sukses Genjot Vaksinasi Covid-19, Duduki Ranking 1 Jatim | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pemkot Kediri Sukses Genjot Vaksinasi Covid-19, Duduki Ranking 1 Jatim

May 28, 2022 17:41
Vaksinasi Covid-19 di Kota Kediri menduduki peringkat pertama di Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
Vaksinasi Covid-19 di Kota Kediri menduduki peringkat pertama di Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Kediri menduduki peringkat pertama di Jawa Timur. Menurut data yang dihimpun Dinkes Kota Kediri tanggal 26 Mei 2022, diketahui capaian vaksinasi Covid-19 Kota Kediri termasuk menunjukkan tren positif.

Dari daya yang dihimpun, tercatat capaian dosis I adalah 141,13%; dosis II sebesar 129,22%; dosis III sebanyak 29,69%. Adapun rinciannya adalah vaksinasi anak dosis I sebesar 112,05%; dosis II 99,43%. Vaksinasi remaja: dosis I 196,67%; dosis II 195,40%; dan dosis III 6,59%. Vaksinasi lansia: dosis I: 70,53%; dosis II 64,14%; dosis III 21,94%. Vaksinasi pelayan publik: dosis I 188,53%; dosis II 176,20%; dosis III 50,17%. Terakhir, vaksinasi masyarakat umum: dosis I 113,80%; dosis II 100,73%; dan dosis III 29,37%.

Baca Juga : Ketua Gerindra Tulungagung Akan Dapat Golden Ticket Maju Calon Bupati dari DPD Jatim, Ini Syaratnya

Terkait dengan prestasi Kota Kediri menduduki ranking 1 vaksinasi di Jawa Timur, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar tetap mengimbau masyarakat agar tetap bijak dalam menggunakan masker. Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyatakan meskipun Presiden RI telah mengizinkan melepas masker saat di ruang terbuka, menurutnya hal tersebut perlu disikapi secara bijaksana.

“Meskipun boleh bukan berarti bisa melepas masker secara bebas, ada aturan-aturannya. Di tempat terbuka dan sedang tidak berkerumun boleh tidak pakai masker,” ungkapnya.

Wali Kota Kediri juga menambahkan, bahwa tingginya capaian vaksinasi di Kota Kediri ini sebagai modal untuk mempercepat recovery ekonomi.

“Efek vaksinasi tidak hanya bagi penanganan Covid-19 semata, tetapi juga menjadi faktor penentu dalam keberhasilan pemulihan ekonomi nasional maupun Kota Kediri,” tutup Wali Kota.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Fauzan Adzima, capaian vaksinasi di Kota Kediri tertinggi di Jawa Timur ditetapkan berdasarkan acuan yang digunakan saat ini yakni pada hasil vaksinasi dosis II yang melebihi target pemerintah pusat. Usai capaian vaksinasi dosis I dan II yang melebihi target, Dinkes Kota Kediri akan lebih getol dalam mendongkrak capaian vaksinasi dosis III (vaksin booster) di Kota Kediri.

Terkait dengan hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan berbagai upaya percepatan vaksinasi. Antara lain membuka layanan vaksinasi di seluruh faskes, menggencarkan vaksinasi mobile oleh seluruh Puskesmas di wilayah kerja masing-masing, serta melakukan mobile vaksin ke tempat umum.

Baca Juga : 7 Tahun Menderita Hidrosefalus, Aisyah Diantar Istri Mantan Kapolda Jatim Operasi di RS Bhayangkara

“Pekan ini kita lakukan mobile vaksin di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo yang bekerjasama dengan Polres Kediri Kota untuk meningkatkan capaian ini,” ujar dr Fauzan. 

Upaya tersebut ditempuh guna mencapai herd immunity di kalangan Santri. Tak hanya bagi kalangan Pondok Pesantren, dr Fauzan juga berharap agar masyarakat yang belum melaksanakan vaksin booster agar segera mendatangi faskes terdekat dan melakukan vaksinasi.

“Meskipun sudah vaksin dosis I dan II harapan kami agar tetap melanjutkan ke dosis III supaya vaksinasi yang telah didapat bisa diperkuat lagi,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Vaksinasi Kota Kediri

Berita Lainnya