02/02/2023 Komitmen Kawal Aspirasi Kades, NasDem Banyuwangi Ancam Sanksi Anggota Dewan yang Melanggar | Jatim TIMES

Komitmen Kawal Aspirasi Kades, NasDem Banyuwangi Ancam Sanksi Anggota Dewan yang Melanggar

May 27, 2022 19:26
H Supriyadi K S, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banyuwangi (Foto: DPD NasDem for JatimTIMES)
H Supriyadi K S, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banyuwangi (Foto: DPD NasDem for JatimTIMES)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES – Menindaklanjuti pelaksanaan kegiatan Silaturahmi Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur bersama Kepala Desa di Kabupaten Banyuwangi beberapa waktu lalu, DPD Partai NasDem Banyuwangi berkomitmen mengawal aspirasi kepala desa (Kades) di kota yang ada di ujung Timur Pulau Jawa itu.

“Kami tegaskan komitmen untuk terus mengawal aspirasi teman-teman kades,” jelas  Ketua DPD Partai NasDem Banyuwangi, Ir H Supriyadi Karima Syaiful, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga : Lantik 3 Kades Antar Waktu, Bupati Sanusi: Jaga Kepercayaan Rakyat

Kebijakan yang dilakukan itu menurutnya sebagai bentuk wujud pengabdian kader partai besutan Surya Paloh kepada masyarakat, sekaligus bentuk nyata dukungan dan peran aktif dalam suksesi visi pembangunan Presiden RI Jokowi.

Acara Silaturahmi dan tatap muka sendiri terjadi antara Sri Sajekti Sudjunadi yang akrab disapa Bunda Jeanette yang didampingi beberapa pengurus provinsi dengan para kades, hadir antara lain  Anton Sujarwo, Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Banyuwangi (Askab), Ahmad Murai, Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Banyuwangi dan Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Banyuwangi, Rudi Hartono Latif.

Selain itu, hadir juga lima orang anggota Fraksi NasDem DPRD Banyuwangi, bersama dengan, Ketua DPD Partai NasDem Banyuwangi yang didampingi.

Dalam acara silaturahmi dengan jajaran pengurus DPD Partai Nasdem Provinsi Jatim dan Kabupaten Banyuwangi tersebut, Ketua Askab dan Ketua Pabdesi Banyuwangi, kompak menyampaikan keluhan terkait keterbatasan SDM dan anggaran yang menjadi permasalahan di desa.

Di sisi lain, sampai dengan saat ini pemerintah desa belum memiliki saluran untuk menyampaikan aspirasi. Di mana yang terjadi di lapangan, desa dinilai masih sebatas menjadi komoditas penjaringan suara masa kampanye pemilihan presiden, gubernur dan bupati serta anggota legislatif. Namin setelah usai kampanye dan pencoblosan, desa terkesan dicampakkan begitu saja.

Mereka mencontohkan, program peningkatan SDM yang dimaksud oleh para kades meliputi pelatihan teknis penyelenggaraan pemerintahan desa. Pelatihan Citizen Jurnalisme dalam upaya mengasah kemampuan personal branding dan lainnya. Termasuk aksi pelibatan pemerintah desa setiap kegiatan Reses anggota dewan.

Selanjutnya terkait alokasi anggaran untuk pemerintah desa, para kades se-Kabupaten Banyuwangi, berharap ada peningkatan Alokasi Dana Desa (ADD) sampai dengan 25 persen.

Baca Juga : Bupati Tulungagung Lantik Sejumlah Pejabat ASN Lingkup Pemkab, di Antaranya 8 Kepala Dinas

Selain itu perlu adanya anggaran Bantuan Keuangan Khusus untuk seluruh desa yang dilaksanakan secara padat karya tunai, dan dana operasional Kades.

Sesuai arahan Bunda Jeanette, Ketua DPD Partai NasDem Banyuwangi, H Supriyadi langsung mengintruksikan kepada anggota Fraksi di DPRD Banyuwangi untuk serius mengawal aspirasi para kades.

“Saya perintahkan kepada Fraksi NasDem guna memastikan peningkatan ADD sebesar 25 persen masuk dalam KUA PPAS dan RAPBD Kabupaten Banyuwangi Tahun 2023. Jika itu tidak masuk, Fraksi tidak usah ikut dalam pembahasan hingga pengesahan,” tegas Supriyadi.

“Jika ada anggota Fraksi yang tidak mentaati instruksi ini, akan kita memberikan sanksi tegas berupa Pergantian Antar Waktu (PAW),” imbuhnya.

Permintaan dan perintah tegas juga disampaikan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Jember terkait pelaksanaan program kegiatan Reses anggota dewan  agar melibatkan pemerintah desa secara aktif.

Judul berita Komitmen Kawal Aspirasi Kades, NasDem Banyuwangi Ancam Sanksi Anggota Dewan yang Melanggar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kabupaten Banyuwangi Partai NasDem

Berita Lainnya