02/02/2023 Bupati Tulungagung Lantik Sejumlah Pejabat ASN Lingkup Pemkab, di Antaranya 8 Kepala Dinas | Jatim TIMES

Bupati Tulungagung Lantik Sejumlah Pejabat ASN Lingkup Pemkab, di Antaranya 8 Kepala Dinas

May 27, 2022 19:05
Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan ASN lingkup Pemkab Tulungagung di Pendapa, Jumat 27/5/2022. (Foto: Muhsin/ TulungagungTIMES)
Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan ASN lingkup Pemkab Tulungagung di Pendapa, Jumat 27/5/2022. (Foto: Muhsin/ TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Bupati Tulungagung Maryoto Birowo telah selesai melantik dan mengambil sumpah janji jabatan kepada sejumlah ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten setempat, Jum'at (27/5/2022).

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator, jabatan pengawas dan jabatan fungsional kesehatan yang diberi tugas tambahan sebagai kepala UPT Puskesmas pada Dinkes di lingkungan Pemkab Tulungagung itu, dilaksanakan di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa.

Baca Juga : Lantik 3 Kades Antar Waktu, Bupati Sanusi: Jaga Kepercayaan Rakyat

Dalam kesempatan itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, ASN yang dilantikan dan diambil sumpah janji jabatan yakni pimpinan tinggi pratama (JPTP) sebanyak 8 orang, administrator sebanyak 77 orang, pengawas sebanyak 50 orang dan fungsional kesehatan yang diberi tugas tambahan sebagai UPT puskesmas pada Dinkes sebanyak 5 orang.

"Saya harap yang terlantik hari ini semua kinerjanya baik, dan tentu saja semua mengalami peningkatan dalam jenjang jabatan," kata Bupati Maryoto.

Dijelaskan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan untuk para pejabat di setiap instansi pemerintah merupakan bagian kehidupan organisasi dalam rangka pemantaban dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pembinaan karir pegawai.

Pengembangan karir pegawai, lanjutnya, tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai sendiri, melainkan untuk pembenahan dan pemantaban organisasi dalam rangka peningkatan penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan dengan baik, terutama berkaitan dengan kegiatan prioritas pembangunan.

Selaku pejabat pembina kepegawaian, Maryoto mengaku, mempunyai kewenangan untuk menetapkan, pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai ASN, serta kewenangan manajemen ASN di instansi pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Meskipun demikian, dalam menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pembinaan pegawai ASN, dirinya tetap mempertimbangkan obyektitifias, kepangkatan, kompetensi, senioritas, kinerja, yang tentunya sejalan dengan tim penilai kinerja PNS.

"Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan bersifat promosi, rotasi dan reposisi karena kekosongan jabatan, serta adanya perubahan nomenklatur terhadap beberapa perangkat daerah yang menyelaraskan dengan Permendagri No.90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah," jelasnya.

Kepada pejabat yang baru dilantik khususnya yang mendapatkan promosi jabatan, Maryoto mengucapkan selamat bekerja dan berharap pejabat tersebut bisa menunjukkan prestasi kerjanya yang baik.

Kepada pejabat yang mendapatkan rotasi ataupun reposisi jabatan, dirinya juga mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru, dan berharap semoga bisa segera beradaptasi dengan tugas jabatan di lingkungan yang baru serta menjadikan pengalaman jabatan sebelumnya, sebagai sarana introspeksi dan evaluasi peningkatan kinerja di masa yang akan datang.

Untuk diketahui, 8 Kepala Dinas atau JPTP yang dilantik dan diambil sumpah janji jabatannya adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Viral Jembatan Ngujang 1 Tulungagung Terbakar, Ini Faktanya

1. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kini diisi Hari Dwi Subagyo yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Ngantru.

2. Kepala Dinas Ketahanan Pangan diisi oleh Agus Siswantoro yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Setda Pemkab Tulungagung.

3. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan diisi Lilik Ismiati yang sebelumnya Kabag Perundangan di DPRD Tulungagung.

4. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diisi Robinson Nadeak Pasaoran yang sebelumnya menjabat sekretaris PUPR.

5. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) diisi Fajar Widayanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Pemkab Tulungagung.

6. Staf ahli Pemerintah diisi Iswahyudi yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Tulungagung.

7. Staf ahli Ekonomi diisi Eni Dwi Agustin yang sebelumnya diisi kepala bagian Organisasi Setda Pemkab Tulungagung.

8. Staf ahli Kemasyarakatan diisi Erwin Novianto yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Judul berita Bupati Tulungagung Lantik Sejumlah Pejabat ASN Lingkup Pemkab, di Antaranya 8 Kepala Dinas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pemkab tulungagung pelantikan asn tulungagung

Berita Lainnya