08/12/2022 Ini Jadwal UTBK Gelombang II, Mekanisme Pelaksanaan Sama seperti Gelombang I | Jatim TIMES

Ini Jadwal UTBK Gelombang II, Mekanisme Pelaksanaan Sama seperti Gelombang I

May 26, 2022 19:46
Ilustrasi peserta UTBK SBMPTN Tengah menjalani ujian (pixabay)
Ilustrasi peserta UTBK SBMPTN Tengah menjalani ujian (pixabay)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022, memasuki Gelombang 2. Pelaksanaan UTBK SBMPTN gelombang 2 akan dilaksanakan Sabtu, 28 Mei 2022 sampai 3 Juni 2022. 

Humas Universitas Brawijaya (UB) Kotok Gurito, membenarkan, jika pelaksanaan UTBK SBMPTN gelombang 2 dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022 hingga 3 Juni 2022. Pengumuman Hasil SBMPTN dilakukan 23 Juni 2022, sedang masa unduh sertifikat UTBK pada tanggal 25 Juni - 31 Juli 2022. "Iya betul, gelombang 2 jadwalnya itu," kata Kotok Gurito, (26/5/2022).

Baca Juga : Prihatin Jumlah Janda Meningkat, Dewan Banyuwangi Minta Eksekutif Lakukan Kajian dan Cari Akar Masalah

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam mekanisme pelaksanaan UTBK SBMPTN, masih belum terdapat perubahan sesuai yang ditetapkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). "(Aturan dan tata cara pelaksanaan hingga syarat) Tetap sama seperti gelombang I," ujarnya ketika dihubungi.

Dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN gelombang 2 ini, juga terdapat tiga tes sebagaimana UTBK SBMPTN gelombang 1. Pertama, Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes ini mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. 

Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

Yang kedua, adalah tes kemampuan Bahasa Inggris. Tes ini mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

Dan yang ketiga adalah, Tes Kemampuan Akademik (TKA). Tes ini mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Dalam UTBK SBMPTN gelombang 2 ini, juga dibagi menjadi tiga kelompok ujian, yakni Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi).  Alokasi waktu ujian 195 menit.

Baca Juga : UTBK Gelombang Pertama Selesai, Peserta Absen di UB 807 dan UM 1.183

Kemudian, Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).  Alokasi waktu ujian 195 menit. menit dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum.  Untuk alokasi waktu ujian 285 menit.

Sementara itu, diimbau juga, agar para peserta UTBK memeprhatikan tiga hal penting, yakni dokumen yang wajib dibawa, tata tertib dan alokasi waktu ujiannya. Untuk hal yang wajib dibawa, antara lain kartu peserta UTBK 2022; kartu Identitas lain seperti Kartu Pelajar, KTP, SIM, atau Paspor; untuk lulusan 2020 dan 2021 wajib membawa fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir; Untuk lulusan 2022 membawa Surat keterangan kelas 12 yang sudah ditandatangani kepala sekolah, dengan menyertakan nama siswa, NISN, NPSN, pasfoto berwarna terbaru dengan ukuran bebas.

Sedangkan untuk Tata Tertib UTBK SBMPTN 2022 yang harus diperhatikan antara lain, sampai di lokasi satu jam sebelum ujian dimulai; memakai pakaian yang rapi, sopan, serta bersepatu; makan dan minum sebelum ujian berlangsung dan membawa semua dokumen persyaratan.

Judul berita Ini Jadwal UTBK Gelombang II, Mekanisme Pelaksanaan Sama seperti Gelombang I.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
utbk sbmptn 2022 Kotok Gurito

Berita Lainnya