26/11/2022 Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Wabup Malang Apresiasi Lawang Eye Center | Jatim TIMES

Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Wabup Malang Apresiasi Lawang Eye Center

May 21, 2022 19:33
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat menyapa sejumlah pasien yang akan melakukan operasi katarak.(Foto: Istimewa).
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat menyapa sejumlah pasien yang akan melakukan operasi katarak.(Foto: Istimewa).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Belasan orang mengikuti operasi katarak gratis di Lawang Eye Center (LEC) sejak Jumat (20/5/2022) lalu. Hal tersebut dilakukan dalam rangka Bakti Sosial atas peresmian LEC yang secara simbolis digelar Sabtu (21/5/2022). 

Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto dengan didampingi sejumlah jajarannya. Didik menyampaikan apresiasinya atas bakti sosial yang digelar oleh LEC Lawang ini. Sebab menurutnya, hal tersebut merupakan suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat. 

Baca Juga : Sempat Dicari Keluarga, Kakek 74 Tahun Tewas Terserempet Kereta Api

"Ini merupakan bentuk suatu pengabdian kepada masyarakat. Mudah-mudahan keberadaan Klinik Lawang Eye Center semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat luas untuk mengakses layanan kesehatan mata,” ujar Didik. 

Selain itu menurutnya, mata merupakan indra terpenting yang ada di tubuh. Dimana, mata memiliki kemapuan menangkap 80% dari panca indra lain. Sehingga dia menilai, berdirinya LEC ini sebuah ruang jasa baru yang menurutnya bisa mendukung program-program pemerintah. Tentunya juga bakal menjadi bagian penting bagaimana menyediakan pelayanan jasa klinik mata bagi masyarakat Kabupaten Malang. 

"Hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa yang ditangkap oleh LEC, dimana nantinya bisa memberikan ruang konsultasi bagi masyarakat, tempat berobat dan tempat edukasi bagi masyarakat. Pemerintah Kabupaten Malang akan terus support terhadap perizinan sehingga nantinya bisa menjadi lembaga kesehatan yang patuh hukum,” terang Didik. 

Selain itu, ketersediaan layanan kesehatan dengan petugas kesehatan yang handal sangat diperlukan agar pelayanan kesehatan yang berkualitas dan aman dapat diakses oleh masyarakat.

Begitu pula ketersediaan alat kesehatan dengan teknologi yang tepat guna diperlukan untuk pelayanan kesehatan yang komprehensif dan cost effective. Oleh karena itu, Didik berharap peran serta dari berbagai lintas program dan lintas sektor serta mitra kerja. Termasuk Klinik Lawang Eye Center ini, untuk senantiasa menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Malang, khususnya dalam pelaksanaan kegiatan penanggulangan gangguan penglihatan.

Baca Juga : Lima Seniman Diberi Penghargaan Dewan Kesenian Kota Batu

Direktur Klinik Lawang Eye Center dr. Fenty Kusumawardhani Hidayah menyebutkan, katarak merupakan sebuah penyakit yang prevalensinya cukup tinggi sehingga menghambat produktivitas bagi penderita. Maka dari itu, pihaknya tergerak untuk melaksanakan bakti sosial untuk pasien katarak di Kabupaten Malang khususnya di Kecamatan Lawang ini. 

“Kita berharap ke depannya semakin banyak kegiatan-kegiatan seperti ini sehingga jumlah penderita katarak di Malang khusunya bisa semakin menurun. Kita bahkan berharap bahwa jumlah penderita katarak itu bisa sampai nol, karena tiap tahun peningkatan penambahan pasien katarak itu cukup signifikan,” ucapnya.

Judul berita Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Wabup Malang Apresiasi Lawang Eye Center.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Wabup Malang lawang eye center

Berita Lainnya