Desain Bangunan IKN Nusantara Disebut Menyontek Gedung Parlemen Australia, Benarkah? | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Desain Bangunan IKN Nusantara Disebut Menyontek Gedung Parlemen Australia, Benarkah?

May 11, 2022 14:06
Desain Bangunan IKN Nusantara Disebut Menyontek Gedung Parlemen Australia (Foto: Twitter)
Desain Bangunan IKN Nusantara Disebut Menyontek Gedung Parlemen Australia (Foto: Twitter)

JATIMTIMES - Direktur Rujak Center for Urban Studies Elisa Sutanudjaja menyebut bahwa salah 1 desain bangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menyontek Gedung Parlemen Australia di Canberra.

"Ya ampun ... kalau mau nyontek bentuk ya jangan vulgar-vulgar amat lah ...," cuit Elisa di media sosial Twitter @elisa_jkt, Rabu (11/5/2022). 

Baca Juga : Cegah Masuknya PMK di Kabupaten Kediri, Mas Dhito Sebar Petugas Pantau Lalu Lintas Ternak

Cuitan tersebut, disampaikan Elisa  saat mengomentari unggahan akun Twitter resmi Kementerian PUPR terkait foto dan informasi soal IKN.

Namun demikian, dikutip dari wawancara eksklusif CNN Indonesia, Elisa mengaku belum tahu pasti bangunan IKN mana yang meniru desain Gedung Parlemen Australia di Canberra. Ia baru mengetahui dari foto yang diunggah Kementerian PUPR di Twitter.

Kendati demikian, dari unggahan itu sudah terlihat ada kemiripan dengan gedung yang ada di Australia. Bahkan sangat mirip.

"Saya tidak tahu itu bagian IKN persis mana yang diambil. Saya cuma mengomentari saja secara sambil lalu, karena saya waktu S2 salah satu riset semesteran saya adalah soal Canberra," ujar Elisa.

Ia juga menyoroti poin 2 bagian penjelasan 'Bhinneka Tunggal Ika' yang menyebut kata 'Kearifan lokal' dalam unggahan Twitter Kementerian PUPR.

Dalam hal itu, Elisa menganggap lucu karena mengklaim memakai kearifan lokal tetapi konsep mencontek bangunan di negara lain.

"Maksudnya lucu aja pada konsep gambar tentang Bhinneka Tunggal Ika dan turunan desainnya adalah kearifan lokal malah desainnya mengingatkan pada bangunan monumental negara lain," kata Elisa. 

Elisa lantas menyindir konsep salah satu bangunan IKN yang mirip gedung parlemen di Canberra sebagai penghormatan terhadap arsitek pembuatnya yaitu Romaldo Giurgola.

Baca Juga : Hujan Deras Disertai Angin Kencang Robohkan Teras SD Tegalasri Blitar

"Tapi ya, plagiarism adalah adalah bentuk sanjungan terbesar. Anggap saja itu tribute [penghormatan] untuk almarhum Giurgola yang memang tokoh arsitek Late Modernism," lanjut Elisa.

Di sisi lain, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga menyebut belum ada desain gedung di IKN yang sudah rampung dibuat.

Semua desain gedung yang ada di IKN, saat ini masih dalam tahap sayembara.

"Setahu saya desain-desain gedung masih tahap sayembara," kata Danis.

Menurutnya, gambar yang diunggah akun Twitter resmi Kementerian PUPR itu hanya ilustrasi pelengkap informasi, bukanlah desain gedung yang akan digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
IKN Nusantara elisa sutanudjaja

Berita Lainnya