Ibadah Haji Kembali Dibuka, Jamaah Asal Bondowoso akan Diberangkatkan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Ibadah Haji Kembali Dibuka, Jamaah Asal Bondowoso akan Diberangkatkan

May 10, 2022 20:09
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JATIMTIMES - Pasca dua tahun ibadah haji ditutup akibat pandemi Covid-19 akhirnya pada tahun ini kembali dibuka. Seperti di Bondowoso, jamaah haji tahun ini juga akan diberangkatkan ke Mekkah.

Meski demikian, ternyata dari jumlah jamaah haji yang ada, tidak semuanya dapat berangkat, hanya 45,2 persen jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji.

Baca Juga : Rajut Kebersamaan, Unisba Blitar Gelar Halalbihalal Idulfitri 1443 H

Suharyono, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Bondowoso menjelaskan, secara keseluruhan ada 634 kuota yang seharusnya berangkat pada tahun ini. Tapi, karena adanya pembatasan dari Pemerintah Arab Saudi terkait jamaah haji dari Indonesia, maka hanya 301 orang yang dapat berangkat atau hanya 45,2 persen saja. "Yang tidak berangkat tahun ini, kita prioritaskan untuk berangkat tahun depan," tegasnya.

Kemudian berdasarkan regulasi yang ada, lanjut Suharyono, selain menyiapkan kuota jamaah haji yang akan berangkat pemerintah juga dituntut untuk menyiapkan jamaah haji cadangan. Hal ini untuk antisipasi apabila terdapat jamaah yang tidak dapat berangkat. Di Bondowoso terdapat 68 orang yang disiapkan sebagai cadangan. "Pemilihan 301 orang berangkat tahun ini berdasarkan nomor urut porsi," imbuhnya.

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Falakiyah PCNU Bondowoso ini juga menuturkan, bagi jamaah haji yang sudah melakukan pelunasan dan tidak mengambil uang pelunasannya tahun sebelumnya, maka pada tahun ini cukup melakukan konfirmasi saja, tanpa adanya tambahan biaya. "Ditalangi dari dana optimalisasi Badan Pengelola Keuangan Haji. Jadi yang nutup negara," ucapnya.

Sementara bagi masyarakat yang belum melakukan pelunasan atau mengambil uang pelunasannya, maka yang bersangkutan tetap harus melakukan pelunasan sesuai dengan yang sudah ditentukan. "Sejumlah 17 juta sekian itu (pelunasannya, red)," cetusnya.

Baca Juga : Siap-siap, PPDB Jenjang SD Tinggal Menghitung Hari

Dikonfirmasi terkait kepastian waktu pemberangkatan ibadah haji, Suharyono menegaskan masih menunggu proses kur'ah atau pengundian tanggal berangkatnya masih akan dilakukan pada pekan depan. Hal itu berdasarkan hasil rapat Kemenag Kabupaten dan Provinsi. "Nanti akan diundi, Bondowoso dapat kloter nomor sekian, begitu," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ibadah Haji Indonesia kemenag bondowoso

Berita Lainnya