Rajut Kebersamaan, Unisba Blitar Gelar Halalbihalal Idulfitri 1443 H | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Rajut Kebersamaan, Unisba Blitar Gelar Halalbihalal Idulfitri 1443 H

May 10, 2022 18:07
Rektor Unisba Blitar Soebiantoro memberikan sambutan di acara halal bihalal Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)
Rektor Unisba Blitar Soebiantoro memberikan sambutan di acara halal bihalal Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menyelenggarakan halalbihalal hari raya Idul Fitri 1443 dalam rangka mempererat tali silaturahmi civitas akademika Unisba dan masyarakat umum, Selasa (10/5/2022). Halalbihalal secara luring dilaksanakan setelah kasus Covid-19 di Blitar terus melandai dan mengalami tren penurunan.

Acara halal bihalal yang dipusatkan di Aula Terbuka kampus Unisba Blitar dibuka langsung oleh Rektor Unisba Blitar Soebiantoro. Hadir dalam agenda ini jajaran Rektorat Unisba Blitar, Ketua Yayasan Bina Citra Anak Bangsa Hidayaturrahman, pejabat struktural, Dekan, Kaprodi, BEM Unisba Blitar, DPM Unisba Blitar, seluruh pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), HMJ, Himaprodi dan undangan dari kalangan tokoh masyarakat.

Baca Juga : Wali Kota Kediri Apresiasi Para Petugas Dishub yang tidak Bisa Salat Idulfitri karena Tugas

Wakil Rektor III Unisba Blitar, Dr Supriyono mengatakan ini adalah pertama kalinya digelar Unisba sejak dunia dan Indonesia dihantam pandemi Covid-19. Sebelumnya dua tahun terakhir sejak pandemi Covid-19 Unisba Blitar tidak menggelar halal bihalal secara luring karena tingginya kasus Covid-19.

‘’Acara halal bihalal ini dihadiri oleh civitas academica Unisba Blitar dan keluarganya. Halal bihalal ini menjadi momen bagi kita untuk meningkatkan kualitas universitas dalam konteks kita berliterasi sosial, berliterasi spiritual sesuai dengan ajaran Islam rahmatan lil alamin,’’ kata Supriyono kepada JATIMTIMES.

Halal bihalal kali ini Unisba Blitar juga mengundang masyarakat dan tokoh masyarakat. Menurut Supriyono, hal ini merupakan upaya Unisba Blitar dalam merajut kebersamaan berlandaskan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

‘’Sebagai perguruan tinggi Unisba selalu berupaya mewujudkan kerukunan masyarakat berlandaskan 4 pilar kebangsaan.Hari ini di acara halal bihalal kami juga turut mengundang masyarakat dan tokoh masyarakat di Blitar termasuk mereka yang berdomisili di sekitar kampus,’’ imbuhnya.

Lebih dalam Supriyono menyampaikan, di momentum Idul Fitri 1443 H ini Rektorat Unisba Blitar menyampaikan sejumlah pesan kepada jajaran civitas academica. Salah satu pesan itu adalah Idul Fitri di masa pandemi ini harus dijadikan motivasi untuk bekerja dalam konteks ibadah.

Baca Juga : Libur Lebaran, Destinasi Wisata Kabupaten Blitar Dikunjungi 121.108 Wisatawan

‘’Visi dari Unisba itu adalah ilmiah,alamiah,ilahiah dan amaliah. Jadi artinya Unisba memang berfokus pada kegiatan ilmiah tapi kita juga selalu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan bergerak bersama masyarakat. Kita berharap seluruh teman-teman civitas academica bekerja disini ya beribadah.Ibadah kita adalah untuk mewujudkan Indonesia tangguh,’’ tegas Supriyono.

Di kesempatan yang sama, Rektor Unisba Blitar Soebiantoro menyampaikan kampus Unisba mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada semua. Dirinya secara pribadi juga meminta maaf jika selama ini ada kekeliruan dalam memimpin kampus. Rektor juga menyampaikan ini adalah pertama kalinya Unisba Blitar menyelenggarakan halal bihalal secara luring dalam masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia.

"Pandemi Covid-19 sudah melandai tapi belum usai. Tetap jaga prokes tapi kondisi ini jangan sampai mendistorsikan jalinan keintiman kita sebagai manusia. Sebaliknya kita harus mampu mendorong diri kita agar lebih kreatif dan inovatif dalam merajut komunikasi, interaksi, dan kokohkan ikatan sosial/kebersamaan sebagai anak bangsa," pungkas Soebiantoro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Unisba Blitar Unisba

Berita Lainnya