26/11/2022 Wujud Syukur, Perantauan Desa Bugoharjo Gelar Khitanan Massal, Pengobatan Gratis dan Udikan-udikan Uang | Jatim TIMES

Wujud Syukur, Perantauan Desa Bugoharjo Gelar Khitanan Massal, Pengobatan Gratis dan Udikan-udikan Uang

May 08, 2022 17:48
Suasana khitanan massal PPWB Bugoharjo Pucuk (foto: M. Nur Ali Zulfikar/ JatimTIMES)
Suasana khitanan massal PPWB Bugoharjo Pucuk (foto: M. Nur Ali Zulfikar/ JatimTIMES)

Pewarta: M. Nur Ali Zulfikar | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Persatuan Perantauan Warga Bugoharjo (PPWB) se Nusantara menggelar acara Halal Bi Halal dengan berbagai macam kegiatan sosial.

Selain khitanan massal dan pengobatan gratis, para perantau juga menebar dan melempar (udik-udikan) uang kertas kepada masyarakat di tanah kelahiran Desa Bugoharjo, Kecamatan Pucuk, Minggu (8/5/2022). 

Baca Juga : Uniknya Tradisi Kirab Tumpeng Ketupat Cokelat di Kampung Cokelat Blitar, Jadi Magnet Wisatawan

Tradisi berbagi uang dan baksos ini sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah dan didapatkan dengan cara menjadi pedagang sea food dan pecel lele di perantauan. 

Ketua Panitia Halal Bi Halal PPWB tahun 2022, Ahmad Yusuf mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun. Namun, dua tahun kemarin tidak terlaksana karena pandemi Covid-19.

"Ini adalah kegiatan Halal Bi Halal perantauan warga Bugoharjo se Nusantara. Kebanyakan berdagang sea food dan pecel lele di seluruh wilayah Indonesia," kata pria yang merantau di Kota Malang ini.

Yusuf mengungkapkan bahwa para perantauan ingin ikut serta berkontribusi dan memberikan manfaat untuk kemajuan pembangunan di Desa Bugoharjo.

"Seluruh perantauan berkomitmen ingin memberikan manfaat untuk pembangunan dan kemajuan Desa Bugoharjo. Sehingga setiap tahun kita mengadakan Halal Bi Halal dan memberikan sumbangsih ke desa," tegas Yusuf.

Sementara itu, Faisal Hakim salah satu warga yang ikut berebut uang udikan merasa senang, karena mendapatkan banyak uang.

Baca Juga : Pabrik Kayu PT Brawijaya di Gresik Terbakar

"Seneng pak. Dapat uang banyak ini, nanti saya buat beli jajan. Habis ini saya juga akan disunat," terang Faisal yang juga menjadi peserta khitanan massal ini.

Kegiatan khitanan massal tersebut diikuti oleh 18 anak dari desa setempat. Para peserta diberikan satu paket perlengkapan sholat dan uang saku.

Besok, panitia menyelenggarakan istighosah kubro yang diikuti oleh Jamaah Al Khidmah se Kabupaten Lamongan. Malam harinya diadakan kegiatan pengajian oleh KH. Anwar Zahid dan Bupati Yuhronur Efendi.

Judul berita Wujud Syukur, Perantauan Desa Bugoharjo Gelar Khitanan Massal, Pengobatan Gratis dan Udikan-udikan Uang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Warga Lamongan perantauan lamongan

Berita Lainnya