06/02/2023 Kado Lebaran Istimewa, Desa Kendalbulur Masuk 8 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur | Jatim TIMES

Kado Lebaran Istimewa, Desa Kendalbulur Masuk 8 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur

Apr 28, 2022 20:24
Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa di tengah tokoh masyarakat Desa Kendalbulur. (Foto : Istimewa for TulungagungTIMES).
Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa di tengah tokoh masyarakat Desa Kendalbulur. (Foto : Istimewa for TulungagungTIMES).

Pewarta: Anang Basso | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Kado lebaran 1443 Hijiriah tahun 2022 ini, serasa istimewa bagi warga Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Pasalnya, Desa yang menjadi langganan juara berbagai lomba ini, kembali dinyatakan lolos administrasi lomba desa tingkat Jawa Timur tahun 2022 ini.

Menurut Kepala Desa Kendalbulur, Anang Mustofa, lolos administrasi ini diketahui dari Surat yang diterima dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Timur. Isinya, Kendalbulur adalah salah satu desa diantara 8 besar lomba Desa dan Kelurahan, serta pelaksanaan terbaik 10 program PKK.

Baca Juga : Arema FC Siap Jika Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Turnamen Pra Musim 2022

"Sesuai isi surat, perlombaan ini sudah memasuki tahap paparan Kepala Desa/Kelurahan serta tanya jawab dari tim penilai yang akan dilaksanakan tanggal 17 hingga 19 Mei 2022, kepada 8 Desa terpilih lolos administrasi se-Jawa Timur," kata Anang Mustofa, Kamis (28/4/2022).

Sebagai kepala desa, Anang mengaku sedang melakukan persiapan agar dalam paparan kelak dapat berjalan dengan baik dan mendapat poin yang bagus.

"Masuk 10 Besar bagi kami merupakan prestasi yang luar biasa dan ini merupakan kerja keras pemerintah desa beserta lembaga desa dan lembaga kemasyarakatan desa. Karena lomba desa bukan hanya di ukur kinerja pemdes tapi juga sejauh mana kinerja lembaga desa lainnya seperti BPD, Bumdes, PKK, LPM bahkan organisasi kepemudaan di desa," jelasnya.

Seperti diketahui, Desa Kendalbulur memiliki banyak potensi dan program pemberdayaan masyarakat  desa yang  sangat baik. Seperti wahana nangkula park merupakan tempat pemberdayaan ekonomi warga sekaligus tempat belajar bagi masyarakat bahkan siswa sekolah di lokasi wisata Nangkuka Park. Di Wahana Wisata Edukasi ini, masyarakat dapat menikmati fasilitas wisata pertanian, perikanan, taman bunga, mainan anak, pusat jajanan dan yang tidak kalah menarik adalah icon Keris yang sangat terkenal sebagai simbul wisata desa yang mengusung kearifan lokal.

Baca Juga : Hidden Gem yang Bisa Dijadikan Tempat Piknik Bersama Keluarga setelah Lebaran

Dari potensi desa, selain kesenian yang sangat kental sebagai kampung wayang kulit juga merupakan sentra produksi tembakau yang terkenal di kota marmer

Judul berita Kado Lebaran Istimewa, Desa Kendalbulur Masuk 8 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
sadewa desa kendalbulur Desa Kendalbulur

Berita Lainnya