5 Negara Ini Disebut Paling Aman jika Terjadi Perang Dunia III, Ada Selandia Baru | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

5 Negara Ini Disebut Paling Aman jika Terjadi Perang Dunia III, Ada Selandia Baru

May 03, 2022 07:05
Salah satu kawasan di Selandia Baru. (Foto: iStock)
Salah satu kawasan di Selandia Baru. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Perang antara Rusia dan Ukraina yang melibatkan Amerika Serikat (AS), Eropa, dan NATO hingga kini masih belum menemui titik terang. Bahkan, jika konflik tersebut berlanjut, bisa saja memicu terjadinya Perang Dunia Ke-3.

Andaikan perang dunia benar terjadi, 5 negara di bawah ini diyakini bisa menjadi tempat teraman untuk tinggal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 negara teraman untuk ditinggali kalau terjadi Perang Dunia III.

1. Kanada

Baca Juga : 4 Negeri yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk Dihuni saat Akhir Zaman

Kanada sebenarnya menjadi bagian dari NATO. Namun, negara ini disebut aman jika terjadi Perang Dunia 3. 

Wilayah Kanada memiliki lebih dari 30 persen persediaan air tawar dunia. Tempat itu menjadi lokasi yang tepat untuk bercocok tanam dan dihuni.

Kanada juga punya daratan yang luas dengan beberapa wilayah yang masih belum berpenduduk. Salah satunya yakni Yukon yang ada di barat laut Kanada. Yukon memiliki wilayah geografi berupa pegunungan dan bagus untuk bersembunyi.

2. Swiss

Swiss juga dinilai cocok menjadi tempat pelarian jika Perang Dunia 3 terjadi. Swiss merupakan negara netral yang tidak bergabung bersama NATO. 

Menurut Story Maps,  Swiss adalah negara non-blok sejak perang melawan Napoleon dari Prancis. Mereka tak pernah berada dalam aliansi sehingga tidak memiliki musuh.

Secara geografis, wilayah Swiss sulit untuk diinvasi. Negara itu dikelilingi oleh pegunungan es. 

Swiss juga sudah siap bila terjadi perang nuklir. Mereka sudah membangun lebih dari 20.000 bunker nuklir yang bisa menampung lebih dari 114 persen populasinya.

3. Selandia Baru

Selandia Baru dianggap negara yang aman karena lokasinya terpencil dan jauh dari negara yang sedang berselisih. Negara dekat Australia itu juga dikenal memiliki sistem ekonomi mapan.

Selandia Baru adalah negara paling mandiri di dunia dalam hal pangan dan pertanian dan memiliki sedikit sistem sumber daya yang "terkuras" karena populasi yang rendah. Bahkan di sana tak ada satwa liar yang berbahaya. Kekerasan serta terorisme juga sangat jarang terjadi di Selandia Baru.

4. Islandia

Baca Juga : Sederet Tradisi Lebaran Unik di 12 Negara, di Turki Cuma Laki-Laki yang Salat Id di Masjid

Negara selanjutnya yang dinilai aman dari Perang Dunia 3 yaitu Islandia. Islandia adalah negara nordik yang tidak memiliki angkatan bersenjata militer sehingga dinilai tidak menjadi ancaman.

Kondisi Islandia juga dinilai kondusif untuk tinggal. Ini karena mayoritas warganya adalah kelas menengah dan tingkat kejahatannya rendah. 

Negara ini punya indeks hak asasi manusia (HAM) tertinggi di dunia, terutama dalam hal kesetaraan gender.

5. Irlandia

Irlandia juga dinilai tidak akan kena serangan nuklir jika terjadi Perang Dunia 3. Negara ini memilih netral sejak Perang Dunia I. 

Selain itu, Irlandia telah membangun bunker nuklir yang berfungsi secara penuh untuk mempertahankan kehidupan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Dengan populasi penduduk Irlandia yang rendah, negara ini diprediksi tidak akan sulit untuk membangun tempat perlindungan bawah tanah yang cukup untuk menampung seluruh populasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Negara teraman perang dunia 3

Berita Lainnya