06/12/2022 MoU Dengan Perhutani, Pemkab Jember Bakal Kembangkan 20 Destinasi Wisata Baru | Jatim TIMES

MoU Dengan Perhutani, Pemkab Jember Bakal Kembangkan 20 Destinasi Wisata Baru

Apr 14, 2022 14:19
Bupati Jember H. Hendy Siswanto saat menandatangani MoU pengolahan tempat wisata bersama dengan Perhutani (foto : Moh. Ali Makrus/JemberTIMES)
Bupati Jember H. Hendy Siswanto saat menandatangani MoU pengolahan tempat wisata bersama dengan Perhutani (foto : Moh. Ali Makrus/JemberTIMES)

Pewarta: Moh. Ali Mahrus | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES – Pemerintah Kabupaten Jember bersama dengan Perum Perhutani, Kamis (14/4/2022) melakukan MoU (Memorandum of Understunding) untuk mengoptimalisasi pengelolaan wisata terpadu. MoU ini dilakukan dikarenakan banyaknya potensi alam yang bisa menjadi destinasi wisata baru di lahan perhutani. Namun sebagian akses untuk menuju lokasi wisata merupakan lahan milik Pemerintah Kabupaten Jember.

“Kami sangat senang akhirnya PKS yang sudah disepakati bisa menjadi MoU antara Pemkab dengan Perhutani, MoU ini sebagai dasar hukum kami dalam melakukan pembangunan akses menuju tempat wisata, jadi ada sebagian lahan milik Perhutani, namun kita yang membangun jalannya, semua ini untuk pengembangan wisata di Kabupaten Jember,” ujar Bupati Hendy Siswanto usai penandatanganan MoU yang digelar di Aula Wahyawibawagraha Pemkab Jember.

Baca Juga : Kades Cantik yang Curi Perhatian Publik, Sengaja Kendarai Vespa saat Dilantik Bupati Sanusi

Sementara Kurniawan Purwanto, selaku Kepala Divisi Redional Perhutani Jawa Timur, kepada wartawan mengatakan, bahwa keinginan Perhutani bisa membantu Kabupaten Jember untuk mengembangkan destinasi wisata serta menjalin kerjasama sudah lama diimpikan, namun baru kali ini mimpi tersebut terealisasi.

“Kami sebenarnya sudah sejak 2017 menjajaki kerjasama dengan Pemkab Jember, namun belum pernah terwujud untuk merealisasikan, dan baru kali ini kerjasama ini bisa terealisasi, tentunya ini sebuah kegembiraan bagi kami bisa membantu Kabupaten Jember untuk bisa lebih maju,” ujar Kurniawan Purwanto.

Ketika ditanya alasan tidak segera terealisasikannya kerjasama yang sudah di jajaki sejak 2017, pria yang akrab disapa Iwan ini mengatakan bahwa banyak persoalan yang menjadi kendala dalam merealisasikan kerjasama dengan Pemkab Jember.

“Ya kendalanya macam-macam, namun satu yang penting adalah, kita butuh modal, karena untuk menjadikan destinasi wisata yang ada di lahan milik Perhutani, harus ada perhitungan dan perencanaan yang matang, salah satunya adalah modal,” ujar Iwan Diplomatis.

Baca Juga : Terus Ekspansi Perdagangan Antar Daerah Lewat Misi Dagang, Gubernur Khofifah Bawa Best Practice OPOP untuk Dikembangkan di Kalsel

Iwan sendiri menyatakan, sedikitnya ada 20 titik potensi alam yang tersebar di Kabupaten Jember untuk bisa menjadi destinasi wisata. Jika dikelola dengan baik dirinya yakin, keberadaan destinasi wisata tersebut bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Jember dan juga mendatangkan knvestor.

“Jember ini sudah punya JFC yang mendunia, masak orang datang ke Jember hanya untuk melihat JFC dan berkunjung ke Papuma (Pantai Pasir Putih Malikan) saja, ini eman, padahal kalau mau melihat, banyak sekali potensi destinasi wisata di Kabupaten Jember yang bisa dikembangkan, tidak hanya Papuma, Watu Ulo dan Teluk Love saja, tapi ada tempat lain yang bagus,” pungkas Iwan.

Judul berita MoU Dengan Perhutani, Pemkab Jember Bakal Kembangkan 20 Destinasi Wisata Baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Destinasi Wisata Kabupaten Jember

Berita Lainnya