04/02/2023 Dewan Minta Serah Terima Pasar Sumedang Dipercepat | Jatim TIMES

Dewan Minta Serah Terima Pasar Sumedang Dipercepat

Apr 07, 2022 19:08
Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang meminta agar Pasar Sumedang yang ada di Cokolio Kecamatan Kepanjen bisa segera diserahterimakan dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Apalagi menurut Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang Zia Ulhaq, sejumlah penyesuaian telah rampung. Politis Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menilai bahwa proses serah terima Pasar Sumedang harus dipercepat. 

Baca Juga : Banggar DPRD Banyuwangi Minta Bupati Mempertahankan Program Lama yang Baik

"Kenapa harus dipercepat, karena ini berhubungan dengan kepastian masyarakat, khususnya para pedagang. Persoalan retribusi dan lain sebagainya itu kan bisa mengikuti," ujar Zia. 

Setelah pekerjaan Pasar Sumedang rampung 2021 lalu, sebenarnya sudah siap untuk diserahterimakan. Hanya saja dalam sidak yang dilakukan, ada beberapa hal yang masih perlu diselesaikan. 

Berdasarkan koordinasi yang ia lakukan bersama DPKPCK Kabupaten Malang beberapa waktu lalu, proses serah terima Pasar Sumedang akan dilakukan. Selain itu dirinya juga meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang untuk mulai merancang skema untuk parkir yang rencananya akan dibuat one gate atau satu pintu. 

"Jadi parkirnya elektronik, tidak ada konvensional. Kita berharap di Pasar Sumedang dan seperti di Stadion Kanjuruhan bisa one gate system parkirnya. Berbasis elektronik," terang Zia. 

Informasi terakhit yang diterima, Pasar Sumedang akan diserahterimakan setelah momen Hari Raya Idul Fitri. Namun dirinya belum dapat memastikan kapan hal tersebut akan dilakukan. 

Namun begitu, secara khusus dirinya meminta waktu serah terima Pasar Sumedang bisa dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 3 bulan sejak April 2022 ini. Dalam 3 bulan itu dirinya berharap sudah rampung beserta relokasi pedagangnya. 

Baca Juga : Jelang Arus Mudik, Polda Jatim Dorong Forkopimda Kota Malang Lakukan Percepatan Vaksinasi

"Saya meminta 3 bulan harus selesai. Saya cek ke lapangan sudah selesai semua kok," pungkas Zia.

Sementara itu, tempat relokasi yang saat ini ditempati pedagang, kerap dikeluhkan oleh masyarakat. Karena tempatnya yang cenderung lebih kotor, ditambah saat kondisi hujan membuat jalan di pasar tersebut menjadi becek. 

Sementara itu sebelumnya, Plt Kepala DPKPCK Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma mengatakan, pada intinya penyerahterimaan Pasar Sumedang saat ini sudah dalam proses. Pihaknya hanya masih perlu berkoordinasi dengan Disperindag terkait pemindahan pedagang dari tempat relokasi ke bangunan baru Pasar Sumedang. 

Sementara itu saat ini pihaknya masih melengkapi kelengkapan pencatatan aset gedung. Sebelum proses serah terima dilakukan dengan pihak Disperindag. "Sedang kita cukupi secara detil supaya tidak tertinggal. Agar nanti saat serah terima sudah clear and clean semua," ujar Khairul.

Judul berita Dewan Minta Serah Terima Pasar Sumedang Dipercepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pasar Sumedang Kepanjen serahterima pasar sumedang

Berita Lainnya