Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jelang Arus Mudik, Polda Jatim Dorong Forkopimda Kota Malang Lakukan Percepatan Vaksinasi

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

07 - Apr - 2022, 18:41

Placeholder
Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo (tengah) bersama Forkopimda Kota Malang saat berada di sentra vaksinasi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang (Polkesma), Kamis (7/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Menjelang arus mudik mulai tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022, Polda Jawa Timur (Jatim) terus mendorong jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang untuk melakukan percepatan vaksinasi. 

Hal itu disampaikan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo bersama jajaran Pejabat Utama Polda Jawa Timur beserta unsur dari Badan Intelijen Negara (BIN) dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur saat meninjau sentra vaksinasi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang (Polkesma). 

Baca Juga : Bupati Banyuwangi Minta Atlet  Semangat dan Optimis di Porprov Jatim, Siapkan Reward

Disampaikan Slamet, bahwa hal itu juga merupakan amanah dari Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono ketika melangsungkan video conference bersama jajaran Polda di seluruh Indonesia. 

"Barusan kita mendengar apa yang telah disampaikan Bapak Wakapolri, seluruh jajaran di warning terkait kesiapan kita di dalam menghadapi lebaran yang mana akan terjadi arus mudik, sehingga diharapkan adanya percepatan vaksinasi," ungkap Jenderal bintang satu ini kepada awak media di Polkesma, Kamis (7/4/2022). 

Percepatan vaksinasi dalam menghadapi arus mudik di momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah sendiri sebagai upaya dari pihak kepolisian beserta pemerintah dalam meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat. Sehingga, pihaknya juga mendorong bagi daerah-daerah di Jawa Timur yang capaian vaksinasinya, khususnya untuk dosis tiga masih rendah agar dipercepat lagi. 

Menurutnya, untuk capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster di Kota Malang sudah mendekati target minimal menjelang arus mudik lebaran, yakni 30 persen. Di mana saat ini capaian vaksinasi booster Kota Malang sudah mencapai 27 persen. 

"Kalau kita bicara Malang, hari ini sudah 27 persen, hanya tinggal 3 persen. Waktu kita dalam menghadapi lebaran tinggal 24-25 hari. Insya allah ini bisa tercapai," terang Slamet. 

Pihaknya juga terus mengimbau kepada jajaran Forkopimda Kota Malang beserta masyarakat luas agar bersama-sama tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin. Pasalnya, pandemi Covid-19 di Indonesia belum hilang. 

"Tolong sampaikan himbauan kepada masyarakat, bahwa Covid-19 belum selesai. Tidak ada euforia. Hal yang terpenting adalah kita tetap melaksanakan protokol kesehatan," tegas Slamet. 

Baca Juga : Pemerintah Serius Percepatan Revisi UU PPP untuk Kejar Perbaikan UU Ciptaker

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan jajaran instansi lain serta komunitas yang ada untuk menggelar program percepatan vaksinasi di Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah. 

"Kita harus paham guna vaksin itu untuk perisai diri dari dalam dan dibalik itu ada dokumen yang diperlukan seperti di aplikasi PeduliLindungi, sedangkan perisai dari luar yakni penerapan prokes," ujar perwira polisi yang akrab disapa Buher ini. 

Sebagai informasi, pada hari Kamis (7/4/2022) ini Polda Jatim menggelar vaksinasi serentak yang tersebar di 76 titik. Di mana dalam rekap data yang dilakukan, terdapat total 38.820 jiwa yang mengikuti program percepatan vaksinasi. 

Dari total 38.820 jiwa tersebut dibagi dalam empat kategori. Untuk masyarakat lanjut usia (lansia) sebanyak 7.564 jiwa, masyarakat umum sebanyak 27.417 jiwa, remaja sebanyak 1.765 jiwa dan anak usia 6-11 tahun sebanyak 2.074 jiwa. 

Untuk sumber vaksin total sebanyak 38.820 dosis. Bersumber dari Dinas Kesehatan Provinsu Jatim sebanyak 32.710 dosis, Polri sebanyak 4.240 dosis dan TNI sebanyak 1.770 dosis. Di mana untuk jumlah vaksinator yang disediakan yakni Polri 271 personel, TNI 14 personel, Dinas Kesehatan 1.259 personel dan relawan 63 personel. Total jumlah vaksinator sebanyak 607 personel. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya