03/02/2023 KPM BLT Dana Desa Rejosari Cair Tambah 39 Orang dan 13 Diantar ke Rumah Penerima | Jatim TIMES

KPM BLT Dana Desa Rejosari Cair Tambah 39 Orang dan 13 Diantar ke Rumah Penerima

Apr 07, 2022 19:00
Salah satu KPM menerima BLT DD di kantor Desa Rejosari /Foto : Anang Basso / Tulungagung Times
Salah satu KPM menerima BLT DD di kantor Desa Rejosari /Foto : Anang Basso / Tulungagung Times

Pewarta: Anang Basso | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Desa Rejosari, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung 2022 ini mengalami peningkatan jumlah. Jika pada 2021 jumlah penerima BLT DD ini 84 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), tahun ini menjadi 123 KPM. 

"Peningkatan jumlah KPM ini karena adanya Instruksi Kemendesa bahwa penggunaan Dana Desa sedikitnya 40 persen untuk BLT," kata Sudikan Kepala Desa Rejosari, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga : Bupati Banyuwangi Minta Atlet  Semangat dan Optimis di Porprov Jatim, Siapkan Reward

Sama seperti sebelumnya, tiap KPM mendapatkan BLT sebesar Rp 300 ribu. Di mana, proses penyalurannya bisa dilakukan langsung tiga bulan bila BLT DD baru masuk rekening desa, saat bulan lalunya belum tersalurkan. Seperti pada proses salur BLT DD saat ini, di mana setiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp 900 ribu untuk 3 bulan.

"Kita berikan langsung 3 bulan bagi semua KPM," ujarnya.

Bagi KPM yang tidak bisa datang, jika diwakilkan anak atau kerabatnya, Pemdes Rejosari meminta surat kuasa. "Jadi yang muda-muda itu bukan KPM, mereka mewakili dengan membawa surat kuasa," ungkapnya.

Kepala desa juga memastikan, penerima BLT DD bukan KPM penerima Bantuan Pangan Non Tunai dan Program Keluarga Harapan (PKH). "Sudah dilakukan seleksi bahwa mereka KPM BLT bukan penerima bansos lainnya," jelasnya.

Pemdes juga harus mengantar langsung ke rumah 13 KPM karena kondisinya sudah renta dan tidak dapat datang ke kantor desa. "Selain tidak bisa datang, tidak ada keluarga yang dikuasakan. Perangkat desa datang ke rumah KPM untuk memberikan haknya," terangnya. 

Baca Juga : 117 Desa di Bondowoso sudah Bisa Cairkan Dana Desa Tahap 1

 

Sudikan berharap, dengan BLT Dana Desa ini, masyarakat di Desa Rejosari mendapat keringanan di tengah naiknya beberapa bahan pokok menjelang lebaran yang kurang dari sebulan lagi.

"Selain jelang lebaran, di bulan Ramadan semoga masyarakat dapat lebih ringan biaya hidupnya dengan BLT DD tahun ini," pungkasnya (ADV). 

Judul berita KPM BLT Dana Desa Rejosari Cair Tambah 39 Orang dan 13 Diantar ke Rumah Penerima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
BLT DD desa rejosari tulungagung

Berita Lainnya