30/11/2022 Tinjau Korban Bencana Puting Beliung di Desa Sumberasri, Kapolres dan Dandim Beri Bantuan Sembako | Jatim TIMES

Tinjau Korban Bencana Puting Beliung di Desa Sumberasri, Kapolres dan Dandim Beri Bantuan Sembako

Mar 29, 2022 21:59
Kapolres Blitar Kota dan Dandim Blitar memberikan bantuan sembako kepada korban terdampak puting beliung di Desa Gambar Anyar. (Foto: Humas Polres Blitar Kota)
Kapolres Blitar Kota dan Dandim Blitar memberikan bantuan sembako kepada korban terdampak puting beliung di Desa Gambar Anyar. (Foto: Humas Polres Blitar Kota)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES- Bencana puting beliung yang terjadi di Dusun Gambar Anyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar direspon cepat Pemkab Blitar dan Forkopimda. Kapolres Blitar AKBP Argowiyono dan Dandim 0808/Bitar Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono turun langsung memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak, Selasa (29/3/2022).

Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono mengatakan bantuan sembako ini merupakan wujud kepedulian Forkopimda untuk meringankan beban warga yang terdampak bencana puting beliung. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat sedikit meringankan beban warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencana yang terjadi pada Senin 28 Maret 2022 kemarin.

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Polres Ngawi, Berhasil Temukan Jasad Korban Tenggelam di Sungai

‘’Hari ini saya bersama Pak Dandim turun langsung ke lokasi untuk memberikan bantuan sembako. Semoga bantuan ini bermanfaat,’’ kata Argo.

Argo menambahkan, merespon bencana yang terjadi TNI-Polri bersama BPBD telah menerjunkan personel ke lokasi kejadian. Personel dikerahkan untuk membantu warga memperbaiki rumah yang rusak akibat terjangan puting beliung.

"Sejak semalam, anggota Polsek Nglegok dan Koramil Nglegok sudah terjun untuk membantu warga bersih-bersih di lokasi, dan sampai siang ini dibantu BPBD dan masyarakat setempat perbaikan masih berlangsung. Alhamdulillah dari pendataan yang dilakukan hingga saat ini belum ada laporan adanya korban jiwa,’’ tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono menyampaikan sejumlah imbauan kepada masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana seperti di Dusun Gambar Anyar. Imbauan itu agar warga di daerah rawan bencana ke depan bisa lebih siap dan waspada untuk mengantisipasi bencana yang kapan saja bisa terjadi. Dusun Gambar Anyar adalah kawasan pedesaan di wilayah Blitar utara yang berada di lereng Gunung Kelud dan masuk daerah rawan bencana.

“Antisipasi bencana harus dilakukan sejak awal. Kami dari TNI yang berada di wilayah bersama kepolisian dan BPBD terus memberikan edukasi kepada masyarakat. Edukasi ini untuk meminimalkan adanya korban jiwa. Kami terjunkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk intens memberikan sosialisasi,’’ terang Didin.

Baca Juga : Modus Jual Minyak Goreng Murah, Emak-Emak di Jombang Tipu Pembeli hingga Rp 1 Miliar

Diberitakan sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang memorak-porandakan bangunan rumah di Dusun Gambar Anyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok. Terakhir berdasarkan data BPBD Kabupaten Blitar, jumlah kerusakan rumah terus bertambah. Terkini dilaporkan ada 42 rumah dan sebuah pabrik mengalami kerusakan. 

Rata-rata kerusakan menimpa bagian atap rumah. Genteng dan seng beterbangan saat hujan deras dan angin kencang melanda pada Senin (28/3/2022) sekitar pukul 18.30 WIB.

Judul berita Tinjau Korban Bencana Puting Beliung di Desa Sumberasri, Kapolres dan Dandim Beri Bantuan Sembako.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Puting Beliung Puting Beliung Blitar

Berita Lainnya