Petrokimia Bangkitkan Seniman Indonesia lewat Teater "Tabib Suci" | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Petrokimia Bangkitkan Seniman Indonesia lewat Teater "Tabib Suci"

Mar 29, 2022 12:40
Pagelaran seni teater "Tabib Suci" yang digelar oleh Petrokimia Gresik, beberapa hari lalu. (Foto : Petrokimia Gresik for JatimTimes)
Pagelaran seni teater "Tabib Suci" yang digelar oleh Petrokimia Gresik, beberapa hari lalu. (Foto : Petrokimia Gresik for JatimTimes)

JATIMTIMES - Pagelaran seni dan budaya di Kabupaten Gresik kembali bangkit. Itu terlihat dalam pertunjukan teater "Tabib Suci" yang digelar Petrokimia melibatkan Kelompok Seniman Indonesia Kita di SOR Tri Dharma Petrokimia Gresik.

Upaya perusahaan BUMN tersebut bertujuan membangkitkan kembali para seniman dan budayawan di Kota Pudak. Terutama di tengah melandainya kasus covid-19 di Gresik.

Baca Juga : Kaget karena Truknya Terguling, Pria di Tulungagung ini Mengeluh Pusing Lalu Meninggal Dunia

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, pada bulan Juli 2022 nanti Petrokimia memasuki golden anniversary. Ini momen perusahaan mendukung bangkitnya seniman Indonesia.

Dukungan ini selaras dengan arahan Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir. Yakni, setiap BUMN harus turut merawat seni dan budaya. Salah satunya seni pertunjukan agar bisa kembali bangkit dan tetap terjaga kelestariannya.

"Kami berharap pagelaran ini mampu menjadi momentum kebangkitan seni pertunjukan Indonesia dari keterpurukan pandemi covid-19. Saya yakin pertunjukkan yang ditampilkan akan menjadi tuntunan serta mengobarkan semangat cinta seni dan budaya bagi Insan Petrokimia Gresik," katanya, Selasa (29/3/2022).

Pertunjukan ini merupakan bentuk komitmen Petrokimia Gresik dalam menjaga keutuhan dan kebhinekaan Indonesia melalui jalan kebudayaan. Karena nilai-nilai budaya mampu merekatkan semangat persatuan dan membangun serta menjaga kerukunan bangsa.

"Sejarah mencatat bersatunya bangsa ini karena budaya. Sejarah juga telah membuktikan bahwa seni budaya mampu merekatkan semangat persatuan sehingga kerukunan tetap terjaga," imbuhnya.

Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan jalannya cerita "Tabib Suci" tidak hanya memberikan hiburan bagi Insan Petrokimia Gresik yang menjadi penonton. Tapi secara tersirat juga mengajak seluruh penonton untuk mengimplementasikan core value BUMN, AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).

"Menonton seni pertunjukkan "Tabib Suci" merupakan cara untuk mempelajari apa itu tata nilai AKHLAK, untuk menjadikan perusahaan ini bermartabat, berdaya saing, dan menjadi kekuatan bersama Indonesia dalam menjaga ketahanan pangan nasional," ungkapnya.

Kisah “Tabib Suci” sendiri mengambil isu sosial yang terjadi di tengah masyarakat, sebagai upaya membangun kembali Indonesia yang plural. Di tengah bangsa yang sedang sakit karena pandemi, diceritakan mendadak bermunculan tabib-tabib mengaku suci dan sakti, yang pada akhirnya justru membuat kisruh.

Baca Juga : Sambut Ramadan 1443H, Puluhan Komunitas Gelar Bersih Pantai Pantura Kabupaten Tuban

Persaingan pun terjadi untuk berebut pengaruh dan banyak mengorbankan orang-orang kecil di sekitar mereka. Kisah ini diperankan oleh aktor kawakan mulai dari Butet Kartaredjasa hingga Cak Lontong.

Usai pertunjukan, Butet mengapresiasi peranan aktif Petrokimia Gresik dalam memberikan support dan membangkitkan kembali seni budaya Indonesia. Komitmen ini adalah investasi terbaik dalam peningkatan kualitas SDM Indonesia melalui jalan kebudayaan.

"Presiden Republik Indonesia telah menyatakan seni pertunjukan harus bangkit dan mendapatkan support dari BUMN-BUMN di Indonesia. Jadi bagi saya, upaya Petrokimia Gresik menghadirkan “Tabib Suci” adalah ikhtiar yang tangkas dalam perbaikan kualitas SDM di Indonesia," ujar Butet.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden RI Sukardi Rinakit yang turut hadir menyaksikan seni pertunjukan “Tabib Suci” di Gresik, menyampaikan bahwa kebudayaan, seni dan kerja keras adalah DNA bangsa Indonesia.

"Pertunjukan ini adalah peran luar biasa Petrokimia Gresik dalam menghidupkan dan menghidupi kebudayaan di Indonesia," tandas Sukardi.

Selain dihadiri oleh staf khusus presiden, kegiatan ini juga dihadiri oleh fireksi Pupuk Indonesia Group, Komisaris Petrokimia Gresik, Forkopimda Gresik, dan karyawan Petrokimia Gresik beserta keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Petrokimia Gresik Bangkitkan seniman Indonesia

Berita Lainnya