04/12/2022 Sambut Ramadan 1443H, Puluhan Komunitas Gelar Bersih Pantai Pantura Kabupaten Tuban | Jatim TIMES

Sambut Ramadan 1443H, Puluhan Komunitas Gelar Bersih Pantai Pantura Kabupaten Tuban

Mar 28, 2022 21:49
Puluhan komunitas saat bersih sampah pantai di Pantura Kabupaten Tuban (28/3/2022) (Foto: Ahmad Istihar/ JatimTIMES)
Puluhan komunitas saat bersih sampah pantai di Pantura Kabupaten Tuban (28/3/2022) (Foto: Ahmad Istihar/ JatimTIMES)

Pewarta: Ahmad Istihar | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES -Keberadaan sampah di pantai sepanjang jalan Pantura Kabupaten Tuban, membuat pemandangan tak sedap dan juga kerap mengganggu aktivitas nelayan seperti tersangkutnya sampah di jaring.

Geram dengan pemandangan tersebut, puluhan komunitas Forum Samudera Ronggolawe berinisiatif bersihkan lingkungan di sekitar lokasi Pantai Pantura tepatnya di Desa Sugihwaras, Kabupaten Tuban, Senin (27/3/2022).

Baca Juga : Laskar Merah Putih Ungkap Dugaan Pungli dan Bullying Siswa di Tulungagung, Pihak Sekolah Membantah

Anggota lintas komunitas yang turut ikut di antaranya Pegiat Tuban, Komunitas Tuban Peduli (KTP), Forum Biker Tuban (FBT), Baderhood, Bort Brionesia Tuban, Barisan Nom Noman (BNN), Fals Mania (FAMA) Ronggolawe, GCC, Multi, Pammi, Cethik Geni, Pusat Snack Kiloan (PSK), Brother, Petualang Orang Tua Gila Scooter (Portugis) Jatim, disupport oleh Karsa Coffe dan Suli 5. Bekerjasama dengan Satlantas Polres Tuban, Dinas Lingkungan Hidup serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tuban.

Di sela kegiatan, Duta Gemar Makan Ikan (Gemari) Kabupaten Tuban Nabila Fairus Sifa mengatakan, kegiatan bertajuk Sunmori Beach Clean Up ini adalah gabungan puluhan komunitas di Kabupaten Tuban untuk bersih-bersih pantai di sekitar pesisir Pantura.

"Ini untuk menggugah masyarakat Indonesia dan khususnya warga Tuban untuk lebih sadar lingkungan," tuturnya.

Lala panggilan akrab Nabila Fairus Sifa menambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk menyambut bulan suci Ramadan 1443H. Agar tidak hanya membersihkan hati dan jiwa saja, namun juga lingkungan di sekitar kita. Menjadi lebih bersih dan indah. Selain itu, lebih utama mencegah agar biota laut yang sekarang sudah mulai tercemar mikro plastik tidak semakin parah.

"Kami berharap kepada seluruh masyarakat agar lebih mencintai lingkungan, apalagi sampah bukan warisan buat anak cucu kita," sebut Lala.

Di tempat yang sama, KBO Satlantas Polres Tuban, IPTU Sampir Santoso menjelaskan, kegiatan bakti sosial membersihkan pantai di depan rest area yang dilaksanakan oleh lintas komunitas ini melibatkan Satlantas Polres Tuban.

Baca Juga : Gebyar Vaksinasi Lansia Gelaran Polres Batu Berhadiah Sepeda Motor

"Harapannya kegiatan ini menjadi contoh bagi masyarakat bahwa betapa pentingnya kebersihan lingkungan," sambutnya.

Lanjutnya, IPTU Sampir mengungkapkan, kegiatan bersih pantai tersebut melibatkan 50 orang personel Lantas dan lebih dari 60 orang dari berbagai komunitas di Kabupaten Tuban.

"Tujuan kegiatan ini, selain memotivasi diri sendiri bahwa kebersihan merupakan sebuah kebutuhan. Juga memberikan contoh kepada masyarakat mulai dari lingkungan terkecil seperti RT hingga seterusnya," tutupnya.

Judul berita Sambut Ramadan 1443H, Puluhan Komunitas Gelar Bersih Pantai Pantura Kabupaten Tuban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
bersih pantai pantai tuban

Berita Lainnya