Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Perkuat Ukhuwah Islamiyah, Bupati Salwa Istiqamah Pimpin Safari Jumat

Penulis : Abror Rosi - Editor : Dede Nana

18 - Mar - 2022, 15:33

Placeholder
Bupati Bondowoso Salwa Arifin memberikan tausiah saat melakukan Safari jumat (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

JATIMTIMES - Bupati Bondowoso Salwa Arifin terus melakukan safari jumat dari satu masjid ke masjid lain. Lewat program safari jumat, pengasuh PP. Mambaul Ulum, Tangsil Wetan itu ingin mempererat ukhuwah islamiah antara pemerintah dan masyarakat. 

Usai melangsungkan salat jumat bersama warga di Desa Kasemek, Tenggarang, Jumat (18/3/2022) dalam sambutannya Bupati Salwa menegaskan bahwa tidak lebih mulia seorang pejabat dibanding rakyat biasa. Tidak dibedakan manusia hanya karena kaya dengan miskin. Menurutnya, semua sama di hadapan Allah, yang membedakan hanya ketaqwaannya. 

Baca Juga : 159 CPNS Pemkab Tulungagung Terima SK, Ini Pesan Bupati

"Kepala ditaruh di bawah. Sujud. Artinya sama-sama sujud kepada Allah. Derajatnya sama di mata Allah," jelasnya. 

Berangkat dari kesadaran itu, Bupati Salwa berharap kepada semua jamaah salat jumat untuk berlomba-lomba dalam menjalankan ibadah. Salah-satunya dengan gemar datang ke masjid untuk bermunajat bersama kepada Allah SWT. 

"Menyambung tali persaudaraan sesama mahluk Allah. Baik yang punya jabatan, pangkat, bahkan rakyat biasa, bertemu," terangnya. 

Selain memperbaiki hubungan baik secara vertikal kepada Allah, Bupati Salwa juga ingin secara horizontal hubungan antar sesama juga harus senantiasa dijalin. Hal itu, sambungnya, secara tidak langsung akan terjalin baik jika di sudah sering menjalankan ibadah bersama. 

"Harus bagus kepada Allah dan hubungan sesama manusia jugajuga," harapnya. 

Putera KH. Togo Ambarsari itu ingin kemegahan masjid diiringi dengan kegemaran warga setempat dalam beribadah. Sehingga tak hanya masjidnya yang bagus, melainkan kualitas ibadah masyarakatnya pun bagus. 

"Jangan hanya masjidnya yang bagus, ibadah masyarakatnya juga harus bagus," pungkasnya. 

Baca Juga : Penasaran Ikon Megah Kabupaten Tulungagung yang akan Dibangun di Lapangan Pasar Pahing, Inilah Bocorannya..

Pantauan di lokasi, Bupati Salwa melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) memberikan tali asih berupa bantuan uang tunai sebesar Rp. 10 juta.  

Selain itu juga ada bantuan beberapa alat-alat kebutuhan masjid dari masing-masing Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda). 

"Ini semua pemerintah lakukan agar ada peningkatan dalam menjalankan ibadah. Itu yang terpenting," tambah Kabag Kesra Abdul Mufid.

Mewakili seluruh warga, Kepala Desa Kasemek Hanaki, mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Salwa dan jajarannya atas saran dan bantuan yang telah diberikan. 

"Mewakili warga, saya ucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Dan mohon maaf jika ada kekurangan kami dalam menyambut dan memberikan jamuan," pungkasnya. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abror Rosi

Editor

Dede Nana