DPRD Kabupaten Blitar Dukung Program Satu Desa Satu Produk | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

DPRD Kabupaten Blitar Dukung Program Satu Desa Satu Produk

Mar 09, 2022 09:18
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib

JATIMTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar mendukung langkah pemerintah daerah dalam upaya menggalakan program Satu Desa Satu Produk atau One Village One Product (OVOP).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Abdul Munib mengatakan, pihaknya optimis program OVOP akan membawa dampak kemajuan perekonomian masyarakat desa. Kuncinya adalah seluruh elemen desa solid dalam bergotong royong.

Baca Juga : Peduli Pendidikan, BPJAMSOSTEK Blitar Serahkan Beasiswa untuk Ahli Waris Peserta

Di samping itu, lanjut dia, pemerintah desa sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat desa harus mampu menjadi penggerak di seluruh sektor. Baik itu sektor pertanian, perikanan, wisata dan sektor-sektor lainya.

‘’Kabupaten Blitar ini potensinya luar biasa. Dalam program OVOP ini pemerintah desa harus tampil sebagai pioneer agar di setiap desa muncul produk-produk unggulan desa yang membawa dampak terhadap kemajuan ekonomi desa,’’ kata Munib.

Lebih lanjut Munib menyampaikan, dalam menciptakan produk unggulan desa, pemerintah desa memerlukan dukungan dari pemerintah daerah. Terutama terhadap infrastruktur maupun pemasaran produk. Dalam hal ini Pemkab Blitar melalui OPD terkait harus terus memberikan pendampingan dan pembinaan secara konsisten kepada masyarakat di tingkat desa.

"Program OVOP ini adalah terobosan. Kami dari DPRD mendukung penuh program ini. Kami mendorong agar Pemkab Blitar memberikan support pembinaan dan pendampingan. Serta yang tak kalah penting adalah dukungan sarana, prasarana dan infrastruktur pendukung. Seperti jalan desa dan jalan akses menuju lokasi wisata agar apa yang diharapkan dari program ini benar-benar bisa tercapai,’’ tegas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga : Pilkades Serentak Tahap Dua Ditunda, Bupati Bangkalan: Ada Faktor yang Tak Bisa Dihindari   

Sebelumnya, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan, melalui konsep OVOP ini suatu daerah menetapkan satu produk yang memiliki keunikan untuk dikembangkan sehingga akan memberikan nilai tambah pada produk tersebut. Selanjutnya produk tersebut akan memberikan kontribusi pendapatan cukup besar bagi daerah tersebut, karena produknya memiliki keunggulan dan masuk di pasar internasional.

“Produk Ovop adalah produk suatu daerah dengan keunikan yang tidak dimiliki daerah lain. Saya mendorong setiap desa di Kabupaten Blitar mampu menciptakan produk yang unik. Produk ini bisa produk UMKM, destinasi wisata hingga kerajinan. Harapan saya produk unik ini akan menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara dan menjadi peluang bisnis baru yang mengangkat perekonomian daerah,” kata Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
DPRD Kabupaten Blitar Bupati Blitar

Berita Lainnya