Sering Ditemukan Arca, Pemdes Podorejo Akan Dirikan Museum Desa | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Sering Ditemukan Arca, Pemdes Podorejo Akan Dirikan Museum Desa

Mar 08, 2022 20:17
Patung atau Arca Dwarapala yang ditemukan di dusun Ngadirogo / Foto : Istimewa / Tulungagung Times
Patung atau Arca Dwarapala yang ditemukan di dusun Ngadirogo / Foto : Istimewa / Tulungagung Times

JATIMTIMES - Pasca ditemukan Arca Dwarapala di Dusun Ngadirogo, Desa Podorejo, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Pemdes berencana membikin museum desa. Hal ini disampaikan Kepala Desa Podorejo Makruf saat dihubungi Jatim TIMES, Selasa (8/3/2022).

Menurut Makruf, rencana pendirian museum tak jauh dari lokasi ditemukan patung ini. "Kita tidak mau nasib patung dibawa. Yang dulu juga dibawa tidak tahu dimana tempat dan nasibnya," kata Makruf.

Baca Juga : DK4 Dorong Pemkab Kediri Boyong 500 Lebih Benda Purbakala, Termasuk Prasasti Harinjing

Temuan patung, menurut Makruf sudah yang kesekian kalinya. Di Utara temuan terakhir, beberapa tahun lalu juga ditemukan pengrajin batu bata saat menggali tanah.

"Kurang lebih 1 kilometer ke arah Utara bahkan pernah ditemukan dalam jumlah cukup banyak. Tapi temuan itu disimpan dimana kami tidak pernah diberi tahu," ujarnya.

Rencana pembangunan museum ini disebut kepala desa sebagai upaya untuk menyimpan dan dijadikan ruang sejarah bagi generasi yang akan datang.

"Biar kelak anak cucu kita tauh kalau ditempat ini pernah ada peninggalan bersejarah, Kalau di bawa terus justru akan kehilangan sejarah. Makanya saya minta tetap di sini dan tidak boleh dibawa ke tempat lain," ungkapnya.

Rencana pembangunan museum sendiri juga tidak bisa ditahun 2022 karena belum masuk rencana anggaran pembangunan desa. "Baru memungkinkan tahun depan. Lokasinya sudah ada di selatan pendapa bekas makam. Tepatnya, di timur tempat penemuan patung itu," tuturnya.

Baca Juga : Pastikan Sesuai Sasaran, Bupati Trenggalek Tinjau Penyaluran BLT DD di Desa Boto Putih

Seperti diketahui, arca Dwarapala ditemukan warga Podorejo saat menggali tanah untuk septic tank di utara masjid.

Disbudpar dan Tenaga Ahli Cagar Budaya Tulungagung telah mendatangi lokasi temuan Arca Dwarapala yang ditemukan Yasin warga Desa Podorejo, Sabtu (26/2/2022) lalu. Arca Dwarapala ini diperkirakan berasal dari zaman peralihan dari Singosari ke Majapahit. Di sekitar lokasi temuan arca ini juga ada semacam struktur candi dan bila ditelusuri lebih dalam dimungkinkan ada bangunan candi di bawahnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
arca dwarapala penemuan arca

Berita Lainnya