498 Peserta TPL Prodamas Plus 2022 Ikuti Seleksi UTBK | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

498 Peserta TPL Prodamas Plus 2022 Ikuti Seleksi UTBK

Feb 16, 2022 14:54
498 peserta pelamar Tenaga Pendamping Lapangan (TPL) Prodamas Plus tahun 2022, mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di gedung Polinema PSDKU Kediri, Rabu, (16/2) dan Kamis, (17/2). Foto: (Dok Pemkot Kediri)
498 peserta pelamar Tenaga Pendamping Lapangan (TPL) Prodamas Plus tahun 2022, mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di gedung Polinema PSDKU Kediri, Rabu, (16/2) dan Kamis, (17/2). Foto: (Dok Pemkot Kediri)

JATIMTIMES - Usai seleksi administrasi, 498 peserta pelamar Tenaga Pendamping Lapangan (TPL) Prodamas Plus tahun 2022 mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di gedung Polinema PSDKU Kediri, Rabu (16/2/2022) dan Kamis (17/2/2022) besok.

Hal tersebut dibenarkan oleh Paulus Luhur Budi Prasetya, Kepala Bagian Pemerintahan, Pemerintah Kota Kediri. Dikatakan olehnya, bahwa ini merupakan rangkaian seleksi kedua setelah tahap seleksi administrasi.

Baca Juga : Kedapatan Miliki Sabu dan Ganja, Driver Ojol Diringkus Polresta Makota

“Dari total 519 pelamar, kami dapatkan ada 498 peserta yang lolos seleksi administrasi yang dijadwalkan mengikuti seleksi UTBK hari ini dan Kamis (17/2) di gedung B kampus 2 Polinema PSDKU Kediri,” ujar Paulus, Rabu (16/2/2022).

Dikatakan pula olehnya bahwa dibandingkan tahun sebelumnya, rekrutmen tenaga pendamping lapangan Prodamas Plus 2022 ini dilaksanakan lebih awal. Pihaknya berkeinginan manfaat dari program strategis Pemerintah Kota Kediri ini dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

“Kami bertujuan segera mendapatkan tenaga pendamping lapangan (TPL) sebab Prodamas Plus tahun 2022 kami targetkan dimulai sesegera mungkin sehingga dampaknya bisa segera dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, sama seperti sebelumnya proses rekrutmen ini bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang sebagai pelaksana mulai dari awal hingga akhir.

“Harapan kami bisa menjaring TPL yang berkualitas dan unggul sehingga Prodamas Plus 2022 dapat berjalan dengan lancar, efektif dan efisien. Untuk itu, sama seperti tahun sebelumnya kami bekerja sama dengan LP2M UM untuk proses rekrutmen ini, sehingga dapat dipastikan objektivitas dari proses seleksi ini terjamin,” ucap Paulus.

Diwawancara secara terpisah, Petir Pudjantoro Team Leader Pendampingan Prodamas Plus tahun 2022 mengatakan bahwa ada total 50 soal dalam UTBK TPL Prodamas Plus tahun 2022. “Setiap peserta akan diberikan waktu 60 menit disetiap sesinya untuk menjawab total 50 soal pilihan ganda berbasis komputer,” terangnya.

Saat ditanya mengenai jenis-jenis soal yang diujikan. Pihaknya mengatakan ada 4 jenis materi soal yang diujikan kepada setiap peserta. Materi soal tersebut meliputi soal tentang kemampuan teknis, pemberdayaan masyarakat, kecerdasan, dan wawasan tentang Prodamas Plus.

Baca Juga : Mahasiswa Asal Kediri Ditangkap Polisi Saat Transaki Dobel L di Tulungagung

“Mengingat saat ini Kota Kediri berada di PPKM Level 3, untuk UTBK ini kami laksanakan sebanyak 10 gelombang dengan kapasitas 50 persen dari kapasitas ruangan tes. Sedangkan untuk ruangannya kita menggunakan 3 ruangan yang masing-masing terisi 50 peserta tes disetiap gelombang,” jelasnya.

Sebagai informasi, Rabu (16/2) dilaksanakan sebanyak 5 gelombang dengan total 250 peserta. Sedangkan hari kedua, Kamis, (17/2) sama seperti hari pertama, dilaksanakan sebanyak 5 gelombang dengan diikuti oleh 248 peserta. 

“Disamping itu, kami juga concern dengan penerapan protokol kesehatan. Peserta setidaknya sudah mengikuti vaksinasi sebanyak 2 kali. Namun, apabila ada yang masih vaksin 1 kali atau belum vaksin, kami syaratkan untuk melakukan tes antigen. Bisa tes mandiri atau tes di lokasi ujian. Kami sediakan tes antigen gratis, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kediri,” ucap Petir.

Selanjutnya, setelah seleksi UTBK ini usai, para peserta yang lolos akan dijadwalkan mengikuti seleksi wawancara, sebelum nantinya berlanjut ke seleksi tahap akhir yaitu seleksi On the Job Training (OJT) selama satu bulan.

“Setelah semua seleksi tersebut dilalui peserta, akan terpilih sebanyak 68 orang (45 TPL infrastruktur, 20 TPL Non Infrastruktur, dan 3 koordinator kecamatan) yang selanjutnya akan melakukan penandatanganan kontrak pada April 2022 mendatang,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
tenaga pendamping lapangan prodamas plus prodamas plus 2022

Berita Lainnya