Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Disdikbud Kota Malang Sosialisasikan Kurikulum Prototipe ke Semua Sekolah

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Feb - 2022, 18:25

Placeholder
Sosialisasi Kurikulum Prototipe kepala Kepala SD di Kota Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang melakukan sosialisasi kurikulum prototipe kepada para kepala sekolah di Kota Malang, Senin (14/2/2022). 

Kepala Bidang Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK) Disdikbud Kota Malang, Dra Sri Handayani Wahyu Widayati MM menyampaikan, kurikulum Prototipe atau Kurikulum Merdeka ini merupakan kurikulum yang dipakai untuk sekolah penggerak.  

Baca Juga : 24 Siswa SMAN 1 Terpapar Covid-19 di Tuban

“Nanti 2024 semua sekolah dicanangkan sekolah penggerak semua. Kurikulum ini memang pilihan, tapi bapak kepala dinas menganjurkan semua sekolah mengikuti sekolah penggerak, makanya harus mengikuti kurikulum ini,” jelasnya. 

Lebih lanjut dijelaskannya, sosialisasi ini diberikan kepada semua sekolah di Kota Malang, baik itu negeri maupun swasta. Sosialisasi ini dibagi selama beberapa hari kegiatan. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) tanggal 14 Kecamatan Klojen dan Kecamatan Blimbing. 

Kemudian tanggal 15 Februari 2022, giliran sekolah yang berada di Kecamatan Sukun dan Kecamatan Kedungkandang. Tanggal 16 Februari 2022 dilanjutkan sosialisasi untuk sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Lowokwaru.

"Tanggal 17 Februari 2022, dilanjutkan SMP Negeri dan Swasta, tanggal 21-24 Kepala Sekolah jenjang TK," jelasnya.

Narasumber yang dihadirkan, terdapat 5 orang. Mereka merupakan narasumber instruktur nasional tentang kurikulum paradigma baru. Materi yang akan diberikan, diantaranya adalah motivasi berprestasi; Materi kurikulum operasional satuan pendidikan; Capaian pembelajaran, tujuan dan alur tujuan pembelajaran serta asesmen; Projects profil pelajar Pancasila dan terkahir menyusun modul pembelajaran.

1

"Kurikulum (prototipe) ini sudah lama sejak beberapa waktu lalu. Tapi Kota Malang belum, kuotanya baru tahun ini, dengan sosialisasi ini biara paham, nantinya juga ada lanjutannya," jelasnya.

Baca Juga : Ada 65 Usulan Musrenbang Tematik Pemuda yang Terakomodir di 2022 

Sekolah Penggerak sendiri  adalah sekolah yang dapat menggerakkan sekolah-sekolah lain. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi  dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul, baik itu kepala sekolah dan guru.

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program ini akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

"Jadi yang dinilai kepala sekolahnya, tidak melihat sekolahnya besar atau kecil, kota atau bukan. Kalau memang bagus, berkomitmen, ya bisa jadi, tidak melihat sekolahnya, tapi dibatasi umur maksimal 56," pungkasnya.

 


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni