Deteksi Dini: Tanda – tanda Ban Harus Diganti  | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Deteksi Dini: Tanda – tanda Ban Harus Diganti 

Feb 10, 2022 19:14
Musim hujan merupakan musim yang lebih berisiko untuk para pengendara sepeda motor. Jika sepeda motor tidak dipersiapkan dengan baik bisa muncul berbagai bahaya saat mengendarainya di musim hujan. Salah satu bagian motor yang wajib diperhatikan memasuki musim hujan adalah ban. (Foto: Istimewa)
Musim hujan merupakan musim yang lebih berisiko untuk para pengendara sepeda motor. Jika sepeda motor tidak dipersiapkan dengan baik bisa muncul berbagai bahaya saat mengendarainya di musim hujan. Salah satu bagian motor yang wajib diperhatikan memasuki musim hujan adalah ban. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Tak bisa dipungkiri, ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Sebab, tanpa adanya ban maka sepeda motor sudah dipastikan tidak bisa digunakan. Demikian pula jika ban mengalami masalah, akan mengganggu saat melakukan perjalanan.

Misalnya, ban kempis, bocor atau bahkan meletus. Ban motor yang sudah digunakan dalam waktu lama, pasti akan terlihat perubahannya dengan ban yang semakin tipis serta kembangannya telah menyentuh bagian serat. Ban yang tipis tentunya berbahaya bila terus digunakan dalam perjalanan.

Baca Juga : DPRD Trenggalek Terima Hearing Warga Terdampak Bendungan Bagong, Warga Minta Dikawal Wakil Rakyat

Seperti saat ini, intensitas hujan di beberapa daerah dan juga dapat menyebabkan banjir. Musim hujan merupakan musim yang lebih berisiko untuk para pengendara sepeda motor. Jika sepeda motor tidak dipersiapkan dengan baik bisa muncul berbagai bahaya saat mengendarainya di musim hujan. Salah satu bagian motor yang wajib diperhatikan memasuki musim hujan adalah ban. 

Kenali tanda – tanda ban harus segera diganti:

1. Cek Keausan Ban

Ban motor dikatakan aus dapat dilihat pada indikasi Tread Wear Indicator (TWI). Tread Wear Indicator (TWI) merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai. Jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI maka sangat disarankan untuk segera diganti. Karena akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara. 

2. Usia Pakai Ban Motor

Usia ban motor biasanya akan sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Ban yang sudah melebih batas usia pakai akan mengalami beberapa kendala seperti daya cengkram yang kurang maksimal, hingga menimbulkan keretakan pada beberapa permukaan ban

“Idealnya usia ban motor yang direkomendasikan maksimal adalah 2 tahun. Lebih dari itu, disarankan untuk segera diganti walaupun tingkat keausan ban belum mencapai batas waktu untuk diganti.” Kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

3. Jarak Batas Pemakaian

Ban motor sebaiknya diganti jika sudah mencapai batas pemakaian 12.000 km. Tetapi jika dirasa ban sudah terasa tidak nyaman, hal tersebut bisa dijadikan sebagai indicator. 

“Segera lakukan pemeriksaan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan dari mekanik Honda yang yang Ahli serta mendapatkan jaminan Oli dan spare part Honda genuine part yang asli. Bengkel AHASS memberikan program promo “GABAN” untuk pergantian ban. Konsumen dapat memanfaatkannya untuk mengganti ban motornya agar tetap nyaman dalam berkendara.” tambah Bondan.

Pada program “GABAN (Ganti Ban)” ini, konsumen yang mengganti ban motornya akan mendapatkan diskon berupa voucher sebesar 15 persen. Voucher bisa di dapatkan pada aplikasi Brompit. Aplikasi Brompit mempermudah konsumen sepeda motor Honda dalam mengenali dan juga merawat sepeda motor konsumen dimulai dengan layanan booking service tanpa antre, layanan Honda Care dan masih banyak lagi, semua itu bisa didapatkan dengan mudah melalui aplikasi yang bernama Brompit dan sudah tersedia di Google Plays dan App Store. Program GABAN berlaku hingga 31 Maret 2022.

Baca Juga : UB Raih Akreditasi Unggul, Kian Mantap Jadi Kampus Unggulan

Selama masa PPKM , bengkel AHASS tetep melayani konsumen dengan standart protokol kesehatan. Berbagai layanan perawatan yang diberikan kepada konsumen seperti layanan booking service. Konsumen dapat melakukan booking service terlebih dahulu melalui aplikasi Brompit. Dengan booking service, konsumen akan dilayani dan tidak perlu menunggu lama. 

Selain booking service , MPM Honda Jatim beserta jaringan bengkel AHASS juga ada layanan Pit Express yakni berupa layanan khusus untuk penggantian oli dan fast moving parts lainnya seperti busi, gear seat dan lain-lain cepat tanpa antri. Konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mengganti ban motornya.

MPM Honda Jatim dan jaringan AHASS juga melayani Service Jemput dan Home Service. Layanan Home Service diberikan oleh AHASS bagi konsumen yang ingin melakukan perawatan motornya di rumah. Konsumen tinggal menghubungi AHASS terdekat , maka mekanik akan segera datang kerumah konsumen. Konsumen tidak perlu antri lagi di AHASS. Untuk kenyamanan, mekanik yang mendatangi rumah konsumen wajib mengenakan masker.

Selain Home Service, MPM Honda Jatim juga memberikan layanan Service Jemput, dimana layanan tersebut diberikan apabila motor konsumen harus diperbaiki di bengkel atau sesuai dengan permintaan konsumen. Layanan ini diberikan sebagai penunjang perawatan dengan penjemputan motor, sehingga konsumen tidak perlu keluar rumah. 

Untuk kenyamanan dan keamanan konsumen, secara berkala semua area bengkel beserta perlengkapan bengkel dibersihkan dengan cairan desinfektan, AHASS juga menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer untuk konsumen. MPM Honda Jatim juga memastikan mekanik dan karyawan bengkel AHASS dalam kondisi sehat. 

"Kami berharap AHASS tetap dapat melayani kebutuhan konsumen dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dan menyesuaikan dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Kami juga menyiapkan layanan booking service, service jemput dan juga layanan home service agar motor Honda kesayangan tetap prima," tutup Bondan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
ahass ahm honda

Berita Lainnya