Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Probiotik Mampu Tangkal Covid-19, Aging hingga Stunting

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

30 - Jan - 2022, 14:45

Placeholder
Recta Geson, Direktur PT Agro Mitra Alimentare, produsen ProEm-1 (kanan) dan Peneliti sekaligus dosen Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya, apt, Tjie Kok (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Peneliti sekaligus dosen Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya, apt, Tjie Kok mengatakan, bahwa berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan suplemen yang mengandung probiotik mempunyai manfaat yang bagus.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa probiotik ini punya potensi anti radang dan penyeimbang respon imun. Jadi ini bisa dipakai treatment penyakit kronis," tuturnya kala ditemui di El Hotel, Karangploso dalam Simposium "Manfaat probiotik multi strain dalam pencegahan stanting anak serta efek preventing penyakit kronis dalam treatmen mengatasi penyakit kronis sebagai imunomodulator". 

Baca Juga : Perkuat Nilai Kebangsaan, DPRD Jatim Gandeng BNNK Tuban Tangkal Bahaya Narkotika

Bahkan lebih dari itu, penelitian lain juga menunjukan hasil yang menggembirakan. Di mana, kandungan probiotik turut berpengaruh dalam meregenerasi sel dan dapat meningkatkan siklus sel lebih baik guna mencegah penuaan dini atau aging

Aging berbeda untuk setiap orang titik terdapat mereka yang lebih awal dari usia biologisnya, dan ada pula yang lebih lanjut dari pada usia biologisnya. Hal ini bergantung pada bagaimana regenarasi sel berlangsung di dalam tubuh orang tersebut.

Telomer dipakai sebagai penanda penting dalam mengukur usia biologis. Telemer adalah bagian ujung bagian ujung dari suatu kromosom, seperti plastik pada ujung tali sepatu. Sedang Telomerase adalah, enzim yang berperan terhadap pembentukan telomer pada kromosom, sehingga panjang telomer pada sel turunan bisa dipertahankan agar beregenerasi dan tidak memendek dengan cepat.

Pada sel tubuh yang dewasa, telomerase mengalami penurunan aktivitas. Oleh karena itu, proses pembelahan sel tubuh yang terus-menerus membuat telomer semakin pendek. Proses ini sejalan dengan proses penuaan seseorang. Sel tubuh yang memiliki panjang gelombang minimum tidak bisa membelah lagi, menua dan pada akhirnya mengalami apoptosis atau kematian terprogram.

"Kecepatan pemendekan telomer dapat meningkat atau menurun tergantung dari gaya hidup. Diet dan aktivitas yang baik berpotensi mengurangi pemendekan telomer. Hal ini juga dapat meningkatkan regenarasi sel, mencegah terjadinya penuaan dini, sehingga berdampak pada panjang umur dan mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan proses penuaan," tuturnya.

Belum lagi dengan adanya radikal bebas, turut berpotensi dalam mempercepat pemendekan telomer. Penumpukan radikal bebas dalam sel, adalab akibat aktivitas fisik dan atau pikiran yang strees. Maka antioksidan yang merupakan salah satu metabolit probiotik multistrain, dapat menetralisir radikal bebas sehingga kecepatan pemendekan telomer bisa dicegah. Inilah yang menjadi dasar, perlunya setiap hari untuk suplementasi probiotik multiscreen yang mengandung banyak antioksidan.

"Pemberian ekstrak metabolic probiotik multi strain, pada sel RAW 264,7 mengakibatkan viabilitas atau kehidupan sosial menjadi lebih baik dibandingkan dengan sel normal. Metabolik probiotik multistrain mengaktivasi telomerase sehingga meningkatkan regenarasi sel yang berdampak pada peningkatan kehidupan sel," ungkapnya.

Baca Juga : Harga Minyak Goreng di Atas Subsidi, Pedagang di Tulungagung: Kulakan Lama

Selain itu, Covid-19 dan stunting masih menjadi hal yang menghantui di berbagai wilayah, termasuk juga di Malang. Karenanya, seseorang perlu menjaga daya tahan tubuh dengan asupan gizi yang baik dan tepat guna mencegah menurunnya kondisi tubuh.

Selain itu, Probiotik multistrain merupakan pembangun micro biota yang mampu membangun pertahanan tubuh. Sehingga ketika tubuh diserang oleh virus seperti Covid 19, maka tubuh akan mempu melawannya.

"Suplemen Ini (ProEM 1 yang mengandung probiotik) juga bisa membangun ketahanan tubuh pada keradangan kronis," ungkap Recta Geson, Direktur PT Agro Mitra Alimentare, produsen ProEm-1.

ia menambahkan, probiotik juga dapat berperan dalam mencegah Covid-19 dan juga stunting. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini juga mampu membantu memperlancar pencernaan. Salah satunya membantu penyerapan sari-sari makanan dan membantu mengoptimalkan proses pencernaan tubuh. 

"Jika makanan dicerna sempurna, maka akhirnya anak akan memiliki nutrisi cukup untuk tumbuh, baik fisik maupun kecerdasannya. Konsumsi probiotik mulai ibu hamil sampai lahir itu bisa mencegah stunting. Anak yang stunting pun bisa dientaskan masalah pertumbuhannya dengan suplemen ini," pungkasnya. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana