Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Banyak Yang Salah: Bukan Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong Yang Beri Pesugihan di Pantai Selatan

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

14 - Jan - 2022, 06:24

Placeholder
Nyi Roro Kidul (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Siapa yang tak pernah mendengar nama Nyi Roro Kidul, sosok gaib yang dipercaya sebagai penguasa Pantai Selatan Jawa. Selain kerap dikaitkan dengan tragedi di Pantai Selatan, nama Nyi Roro Kidul akrab dengan masalah pesugihan. 

Namun, kata pakar supranatural bernama Abah Guru, Nyi Roro Kidul tak pernah melayani para pemburu pesugihan. Bahkan, Nyi Roro Kidul disebut bukanlah jin jahat yang membuat orang-orang berada dalam kesesatan.

Baca Juga : Komisi II DPRD Trenggalek Evaluasi Kinerja 25 OPD Penghasil PAD, Butuh Penyemangat

Lantas, siapakah sosok gaib yang kerap melayani para pemburu pesugihan di Pantai Selatan? Menurut Abah Guru, sosok tersebut adalah Nyi Blorong.

“Sebetulnya bukan Nyi Roro Kidul yang terima pesugihan, tapi Nyi Blorong,“ ucap Abah Guru, dikutip MapayBandung.com dari kanal YouTube Guru Paranormal.

Abah Guru juga menjelaskan bahwa sudah banyak orang yang telah tertipu dengan embel-embel pesugihan Nyi Roro Kidul. Enteh hal itu dipengaruhi karena orang tersebut gelap mata atau karena alasan lain.

“Banyak yang salah dan telah tertipu. Padahal Nyi Roro Kidul tak pernah berikan pesugihan,” lanjut Abah Guru.

Menurut Abah Guru, Nyi Roro Kidul merupakan salah satu jin yang bersifat baik. Sehingga, Nyi Roro Kidul dianggap tidak mungkin nekat menyesatkan umat manusia. “Nyi Roro Kidul itu jin yang baik. Nggak mungkin kayak gitu (berbuat jahat),” tegas Abah Guru.

Baca Juga : Pemutihan Pajak Kendaraan Pacu Perolehan Target hingga 100 Persen Lebih

Adapun perihal sosok jahat yang sering menyesatkan manusia dengan pesugihan, Abah Guru menyebut jin tersebut bernama Nyi Blorong. Sosok tersebut dianggap sebagai penyesat manusia ketika melakukan ritual di Pantai Selatan.

Nyi Blorong sendiri sering digambarkan sebagai ratu ular naga yang juga menghuni Pantai Selatan. Konon, orang yang meminta pesugihan kepada Nyi Blorong harus melakukan ritual kawin dengan sang ratu ular naga terlebih dahulu. “Kalaupun ada jin yang berikan pesugihan, itu Nyi Blorong,” ungkap Abah Guru.


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy