Tinjau Pasar Wonokromo, Pekan Depan Menko Airlangga Hartarto Target Minyak Goreng  Rp 14 ribu | Jatim TIMES

Tinjau Pasar Wonokromo, Pekan Depan Menko Airlangga Hartarto Target Minyak Goreng  Rp 14 ribu

Jan 13, 2022 13:50
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto

JATIMTIMES - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melakukan peninjauan terhadap harga minyak goreng di pasar Wonokromo, Kamis (13/1/2022). Rombongan meninjau operasi pasar minyak goreng oleh Bulog Jatim, dan sejumlah stand penjual kebutuhan pokok.

Usai melakukan peninjauan Airlangga Hartarto mengatakan, tujuan peninjauan ini untuk memantau harga operasi pasar guna mendukung kebijakan pemerintah termasuk Bulog yang menekan harga minyak goreng menjadi Rp 14 ribu.

Baca Juga : Antusiasme Masyarakat Masih Tinggi, Program Kartu Prakerja Berlanjut di 2022

"Tadi kami juga melihat gula operasi pasar yang dijual Rp 11 ribu. Namun saat di dalam kami juga melihat harga gula ada peningkatan. Ada yang Rp 13 ribu bahkan minyak curah harganya Rp 17 ribu sampai Rp 18 ribu," ujar Airlangga Hartarto.

Airlangga menambahkan, pemerintah menargetkan makin banyak minyak goreng dijual dengan harga Rp 14 ribu di masyarakat. "Cara menstabilkan harga salah satunya dengan operasi pasar. Yang kedua selisih harga minyak goreng merek tertentu, selisihnya ditanggung oleh  Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit. Sehingga harga minyak goreng di masyarakat didorong diharga Rp 14 ribu," jelas Airlangga Hartarto.

Sementara itu untuk harga kebutuhan pokok lain seperti beras, telur, cabe dan bawang yang disupport oleh pemerintah termasuk oleh Bulog juga dilakukan peninjauan. 

"Sedangkan gula akan dilihat dari produksinya. Karena Jatim ini kan salah satu produsen gula. Baik itu dari pabrik gula maupun kombinasi lainnya," terangnya.

Baca Juga : Target PAD Sektor Pariwisata 2022 Dinaikkan, Sumenep Bakal Kerja Keras

Airlangga menambahkan, koordinasi terus dilakukan dengan Kementrian Perdagangan dan Kementrian Pertanian. Untuk melihat produksi dari petani dan harga yang berkembang di pasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Airlangga Hartarto harga minyak goreng minyak goreng rp 14 ribu pasar wonokromo

Berita Lainnya