8 Rekomendasi Permainan Anak Kecil yang Mendidik | Jatim TIMES

8 Rekomendasi Permainan Anak Kecil yang Mendidik

Jan 13, 2022 13:05
Permainan Anak Kecil yang Mendidik
Permainan Anak Kecil yang Mendidik

Mendidik anak bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui permainan yang mengusung konsep edukasi atau pembelajaran. Banyak studi menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis permainan bisa membuat gejolak menarik yang bisa membuat anak mengembangkan kemampuan keterampilan yang mereka miliki. Sederhananya, permainan anak kecil yang mendidik bisa membantu orang tua menanamkan kesukaan belajar pada diri si kecil sejak dini.

 

Rekomendasi Permainan Anak Kecil yang Mendidik

Usia anak-anak memang lebih banyak dihabiskan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan alias bermain. Namun, menjadi tugas ibu dan ayah untuk menunjang aktivitas bermain anak dengan permainan menghibur, tetapi tidak melupakan unsur edukasi di dalamnya. Nah, berikut beberapa rekomendasi permainan anak kecil yang bisa menunjang edukasi sang buah hati:

 

Puzzle atau Asah Otak

Sekilas, puzzle atau asah otak memang terlihat rumit untuk anak. Namun, siapa sangka ternyata mainan satu ini bisa membuat anak memiliki cara mereka sendiri untuk memecahkan masalah. Jadi, anak tidak akan merasa kesulitan untuk mengambil tindakan atau menemukan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi di kemudian hari. Bentuk permainan puzzle pun sangat beragam, ada asah otak, jig-saw, teka-teki, dan masih banyak lagi.

 

Mainan Blok

Rekomendasi berikutnya adalah mainan blok yang sering dijumpai terbuat dari bahan kayu. Jenis permainan anak ini bisa membantu Si Kecil mengasah imajinasi dan kreativitas mereka dalam menyusun atau menciptakan suatu bangunan, seperti rumah, istana, dan lainnya. Aktivitas menyusun balok pun bisa memaksimalkan gerak motorik anak, lho!

 

Play Dough

Mainan satu ini mungkin sudah sangat mudah dijumpai. Warnanya sangat beragam sehingga bisa membantu anak belajar mengenal aneka warna. Memainkan dough juga bisa melatih gerak motorik dan kekuatan jari tangan anak yang menjadi tahapan awal untuk mengajari anak menulis nantinya.

Selain itu, dough juga bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk seperti halnya plastisin. Jadi, anak akan lebih kreatif dan imajinatif dalam membuat bentuk yang sesuai dengan keinginan mereka. Meski begitu, tetap pastikan anak bermain dengan aman, ya! Dampingi mereka saat bermain.

 

Lego

Selain dough, lego juga menjadi jenis permainan anak yang begitu populer. Bahkan, permainan ini juga sangat diminati oleh orang dewasa. Bukan tanpa alasan, lego bisa mengasah imajinasi dan kreativitas anak untuk membuat berbagai bentuk dari kepingan kecil dengan berbagai macam ukuran. Permainan satu ini juga tidak lekang oleh waktu, sehingga bisa dimainkan berulang kali.

 

Peralatan Profesi

Mengenalkan berbagai macam profesi pada anak sejak dini? Tidak masalah, justru hal tersebut bisa membuatnya mengetahui apa cita-citanya saat dewasa kelak. Banyak sekali permainan peralatan yang bisa jadi pilihan sesuai dengan profesi yang ada, seperti peralatan dokter-dokteran, peralatan bengkel, hingga peralatan memasak untuk koki.

Tahukah Anda jika ternyata bermain peralatan memasak bisa menggabungkan banyak unsur untuk menunjang tumbuh kembangnya? Saat bermain, anak belajar konsep matematika dengan berhitung, bahkan mengajarkan mereka bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Sangat menyenangkan, ya!

 

Menggambar dan Mewarnai

Biarkan saja anak bermain dengan cat warna atau peralatan menggambar lainnya karena hal tersebut bisa membantu mengembangkan daya imajinasi sekaligus ekspresi diri mereka. Tak hanya itu, menggambar dan mewarnai juga bisa menjadi cara anak belajar mengenal beraneka bentuk dan objek serta warna. Aktivitas ini secara tidak langsung juga menumbuhkan jiwa seni dalam diri anak, lho!

 

Permainan Alat Musik

Selain menggambar dan mewarnai, mengenalkan seni pada anak juga bisa melalui permainan alat musik. Bentuk permainan ini melatih anak untuk menggunakan semua indra yang mereka miliki. Ketika memukul, memetik, atau menekan alat musik, motorik halus akan lebih terlatih dan terasah. Lebih menyenangkannya lagi, Anda membiarkan Si Kecil untuk menciptakan musik mereka sendiri.

 

Pasir Kinetik

Pasir kinetik atau disebut juga pasir ajaib menjadi salah satu permainan edukasi yang cukup digemari anak. Melalui permainan ini, anak bisa mengasah motorik mereka saat menekan, meremas, atau mencetak pasir menjadi berbagai macam bentuk yang menarik. Tak hanya itu, sensori anak pun turut terasah saat mereka menyentuh pasir yang lembut. Begitu pula dengan belajar mengenal warna karena pasir kinetik hadir dalam berbagai pilihan warna.

 

Baca Juga : Target 2025 Tuntas, Ribuan Bidang Tanah di Kabupaten Malang Masih Menunggu Disertifikatkan

 

Itu tadi beberapa rekomendasi permainan anak kecil yang mendidik dan mengedukasi Si Kecil. Dapatkan bermacam jenis mainan anak kecil dengan banyak penawaran menarik di Shopee. Selesaikan semua transaksi Anda lebih mudah dengan menggunakan ShopeePay dan nikmati beragam promo di ShopeePay Sekitarmu yang berlangsung hingga tanggal 14 Januari 2022 mendatang. Jangan lewatkan promo Minimarket Pasti Diskon, Voucher Cashback hingga 80%, dan Flash Sale 1 Rupiah hanya di Shopee. 

Topik
permainan anak Diskon Besar shopee pay

Berita Lainnya