Baru Diresmikan, Ini Jadwal Penerbangan Pesawat Perintis Sumenep-Banyuwangi | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Baru Diresmikan, Ini Jadwal Penerbangan Pesawat Perintis Sumenep-Banyuwangi

Jan 11, 2022 21:30
Cin Asmoro,  Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Banyuwangi (paling kiri) saat jumpa pers di Bandara Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Cin Asmoro, Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Banyuwangi (paling kiri) saat jumpa pers di Bandara Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

JATIMTIMES - Rute penerbangan Banyuwangi-Sumenep (PP) sudah resmi dibuka mulai hari ini, Selasa (11/1/2022). Rute tersebut diharapkan mampu meningkatkan kunjungan sekaligus perputaran perekonomian di dua daerah tersebut.

Sebelum penerbangan rute Banyuwangi-Sumenep beroperasi, Bandar Udara (Bandara) Banyuwangi telah melayani rute perjalanan Jakarta -  Banyuwangi, Surabaya – Banyuwangi dan Banyuwangi – Denpasar. Dengan peresmian penerbangan perintis maskapai Susi Air yang melayani rute Sumenep- Banyuwangi, maka jadwalnya bertambah padat.

Baca Juga : Merasakan Penerbangan Perdana Rute Sumenep-Banyuwangi yang Resmi Dibuka Mulai Hari ini

Masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi udara tentunya ingin mengetahui jadwal penerbangan pesawat udara dari Sumenep-Banyuwangi maupun sebaliknya.

Menurut Cin Asmoro,  Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Banyuwangi,  jadwal penerbangan Sumenep - Banyuwangi setiap hari Selasa take off pukil 12.20 WIB dari Sumenep dan landing di Bandara Banyuwangi pukul 13.00 WIB. Untuk jadwal keberangkatan dari  Banyuwangi pukul 13.10 WIB akan landing di UPBU Trunojoyo Sumenep 13.50 WIB.

Kemudian untuk hari Rabu pesawat berangkat jam 10.40 WIB dari Sumenep dan dijadwalkan landing di Banyuwangi pukul 11.20 WIB. Sedangkan untuk sebaliknya, rute Banyuwangi- Sumenep berangkat pukul 11.30 WIB dan mendarat di Sumenep 12.10 WIB. Dengan begitu, dalam satu minggu, baru memberikan pelayanan pada hari Selasa dan Rabu saja.

“Kita mempunyai potensi dan demand seperti yang disampaikan oleh Wabub Banyuwangi dan Bu Hj Dewi Wabup Sumenep dan yang pasti dengan kondisi penerbangan saat ini yang masih belum kembali normal ini menjadi salah satu peluang transportasi udara antara Banyuwangi- Sumenep,” jelas Cin Asmoro kepada sejumlah wartawan di Bandara Banyuwangi Selasa (11/01/2022).

Pihaknya berharap rute baru tersebut bisa maksimal dan efektif. Karena butuh kolaborasi antara pemerintah pusat pemerintah daerah dan stakeholder Kabupaten Banyuwangi beserta Kabupaten Sumenep serta para pihak terkait yang lain,imbuh Cin Asmoro.

Baca Juga : Selama Liburan Nataru Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi Meningkat

Sementara Muh. Alqodri Arman Kepala Unit Penyelengara Bandar Udara (UPBU) Trunojoyo Kabupaten Sumenep mengungkapkan, untuk tarif penumpang dari Sumenep- Banyuwangi harganya Rp. 245 ribu. Sedangkan harga tiket pesawat Banyuwangi – Sumenep Rp 290 ribu.

Dia menuturkan, maskapai Susi Air menggunakan pesawat jenis C 208 B Grand Caravan dengan 14 kursi dua kursi pilot- co pilot dan 12 kursi penumpang. Sedangkan  waktu tempuh Sumenep – Banyuwangi dan sebaliknya kurang lebih 45 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
penerbangan banyuwangi sumenep Kabupaten Banyuwangi

Berita Lainnya