Deretan Tempat Wisata di Pamekasan yang Cocok untuk Anda Kunjungi saat Liburan | Jatim TIMES

Deretan Tempat Wisata di Pamekasan yang Cocok untuk Anda Kunjungi saat Liburan

Jan 09, 2022 11:54
Wisata Kampoeng Toron Samalem (Foto: Ist/Lutfisuryo07)
Wisata Kampoeng Toron Samalem (Foto: Ist/Lutfisuryo07)

JATIMTIMES - Pulau Madura menyimpan banyak wisata alam menarik. Salah satunya di wilayah Kabupaten Pamekasan. Bumi Gerbang Salam-sebutan Kabupaten Pamekasan-, ini memiliki sejumlah tempat wisata menarik. 

Apa saja tempat wisata menarik di Pamekasan? Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Pamekasan yang dapat Anda kunjungi untuk liburan bersama keluarga dan teman yang seru dan menyenangkan.

1. Api Abadi

Baca Juga : Irish Bella Bagi Rahasia "Mandi Emas" pada Istri Wakil Wali Kota Malang

Wisata Api Abadi ini berlokasi di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan. Lokasi cukup mudah untuk dijangkau karena tidak jauh dari pusat kota, dan jalan menuju lokasi wisata ini sudah cukup bagus.

Kenapa namanya Api Abadi.? Hal ini disebabkan karena api dilokasi wisata ini memang tidak pernah padam meski terkena hujan sekalipun, menarik bukan.

2. Wisata Pantai Jumiang.

Wisata Pantai Jumiang  ini terletak di Dusun Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Pantai yang satu ini hadir dengan sensasi yang berbeda dan mampu menarik perhatian para wisatawan lantaran memiliki pasir putih dan berada di dataran tinggi yang bertebing, tak hanya itu, bagi wisatawan yang datang juga bisa menikmati wisata kuliner khas Pamekasan disekitar pantai.

3. Wisata Mangrove

Ekowisata ini menyajikan pemandangan hutan Mangrove yang asri serta udara yang sejuk, selain menyajikan pemandangan perahu atau kapal berjejer di sekitar pantai, pengelola Mangrove juga memberi fasilitas spot yang indah dan menarik.

Meski masih terbilang baru, namun wisata yang satu ini mampu mencuri perhatian banyak orang untuk berwisata ke lokasi tersebut, wisata Mangrove ini berada di Desa Lembung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan.

4. Wisata Pantai Talang Siring

Pantai yang satu ini sudah sangat populer sejak dulu, pantai yang terletak di Desa Montok Kecamatan Larangan ini, berada tepat dipinggir jalan utama, untuk sampai ke lokasi, Jarak yang harus ditempuh kurang lebih hanya 14 Km dari pusat kota Pamekasan.

Selain bisa menikmati indahnya laut, wisata Talang Siring juga terdapat berbagai fasilitas penunjang liburan yang bisa anda jumpai seperti, spot foto instagramable,
Wahana permainan menarik,
Gazebo, hingga Camping Ground.

5. Wisata Puncak Ratu

Baca Juga : Tiga Opsi Tampilan Baru Feed Instagram Segera Dirilis, Pilih yang Mana?

Lokasi wisata yang satu ini memang bisa dibilang berada di pelosok Desa, tepatnya di Desa Tebul Barat, Pegantenan, Pamekasan. namun siapa sangka wisata Puncak Ratu dengan keindahan alam khas perbukitan yang sangat menawan, dengan perpaduan tanaman hijau serta udara yang sejuk itu mampu membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini.

Tak hanya itu, lokasi wisata Puncak Ratu dengan ketinggian sekitar 200 meter itu kerap kali dijadikan tempat untuk camping di malam hari oleh para wisatawan daerah maupun luar daerah.

6. Wisata Toron Samalem

Wisata kebanggaan warga Pamekasan yang berada di Desa Blumbungan, Larangan Pamekasan ini, dulu merupakan bekas tambang batu kapur yang disulap menjadi tempat wisata yang cantik, Konon, lokasi ini merupakan salah satu tempat semedi dari Potre Koneng. Seorang putri cantik dari raja di Sumenep yang menurut cerita hidup di abad 13.

Untuk sampai ke lokasi ini, wisatawan hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Pamekasan, setelah sampai dilokasi para wisatawan akan disuguhkan dengan bangunan mirip rumah Honai khas Papua yang terbuat dari kayu dan rumbia.

Nah, Itulah sejumlah tempat wisata di Pamekasan yang bisa anda coba kunjungi saat liburan bersama keluarga dan teman, selamat mencoba.

Topik
wisata pamekasan api abadi api abadi pamekasan

Berita Lainnya