Bupati Lumajang Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Peduli Pesantren 2021 | Jatim TIMES

Bupati Lumajang Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Peduli Pesantren 2021

Nov 26, 2021 08:45
Bupati Lumajang saat menerima penghargaan dari Ketua PWNU Jatim, KH. Marzuki Mustamar di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (foto: Kominfo Lumajang/JatimTimes)
Bupati Lumajang saat menerima penghargaan dari Ketua PWNU Jatim, KH. Marzuki Mustamar di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (foto: Kominfo Lumajang/JatimTimes)

JATIMTIMES - Bupati Lumajang Thoriqul Haq menerima penghargaan sebagai "Tokoh Inspiratif Peduli Pesantren 2021" dari Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Ketua PWNU Jatim KH. Marzuki Mustamar di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya Malang, Kamis (25/11/2021) saat acara Resepsi Harlah ke-2 NU Online Jatim dengan tema 'Upgrading dan Penguatan Literasi Dakwah di Era Resonansi Digital 5.0'.

Baca Juga : Terima Penghargaan dari Bupati Maryoto, Dinas Perikanan Tulungagung Kian Terpacu Tingkatkan Kinerja

Bupati Lumajang yang akrab dipanggil dengan sebutan Cak Thoriq  ini adalah santri, anak pondokan yang menjadi bupati. Sehingga  wajar jika beberapa program dari APBD Kabupaten Lumajang ia arahkan untuk pengembangan pesantren.

Saat memberi sambutan di acara Resepsi Harlah ke-2 NU Online Jatim tersebut, Cak Thoriq  mengatakan bahwa ada beberapa program di Lumajang yang diprioritaskan untuk  pengembangan pesantren, baik dalam sisi pendidikan maupun kemandirian ekonominya.

Jika di Jatim ada program Badan Usaha Milik Pesantren yang menyambungkan program One Pesantren One Product (OPOP) dengan prioritas pesantren yang bisa memiliki produk, maka di Kabupaten Lumajang akan diberikan secara langsung kepada pesantren yang sudah mempunyai produk unggulan sendiri.

"Ponpes yang punya produk unggulan sendiri bisa diintervensi menjadi usaha. Tentunya basis usaha tersebut sambung antara pasar, kualitas dan kontinuitas produksinya," ujarnya.

Baca Juga : Banjir Rutin Tahunan di Wilayah Pusat Pemerintahan Kepanjen, Salah Siapa?

Selain memprioritaskan pengembangan ponpes, Kabupaten Lumajang juga sudah mengucurkan  anggaran untuk insentif guru ngaji dengan memberikan Kartu Lumajang Mengaji. 

"Kami juga ada bantuan untuk seluruh sekolahan yang ada di pesantren, baik berupa seragam maupun Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda)," pungkasnya.

Topik
Bupati Lumajang tokoh inspiratif peduli pesantren 2021 KH Marzuki Mustamar

Berita Lainnya