01/12/2022 Cerita Babinsa di Tuban saat Vaksinasi, Rela Door To Door Datangi Rumah Nenek Kasmijah | Jatim TIMES

Cerita Babinsa di Tuban saat Vaksinasi, Rela Door To Door Datangi Rumah Nenek Kasmijah

Nov 17, 2021 11:09
Prajurit TNI Babinsa Koramil Jenu Kodim Tuban Serma Darmani saat ke rumah Nenek Kasmijah (17/11/2021) (Foto: Ahmad Istihar/Jatim TIMES)
Prajurit TNI Babinsa Koramil Jenu Kodim Tuban Serma Darmani saat ke rumah Nenek Kasmijah (17/11/2021) (Foto: Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

Pewarta: Ahmad Istihar | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Target mencapai herd immunity terus digenjot oleh pemerintah pusat maupun daerah. Di Kabupaten Tuban, upaya itu salah satunya dilakukan melalui vaksinasi lansia secara door to door. Bahkan, aparat TNI-Polri pun terlibat untuk mengawal berjalannya vaksinasi.

Tugas pengawalan vaksinasi itu ditekuni Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Jenu Kodim Tuban Serma Farmasi bersama Bhabinkamtibmas dan Petugas Kesehatan Puskesmas Jenu. Serma Darmani senantiasa berkeliling Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. 

Baca Juga : Tingkatkan Kunjungan dan Perekonomian, Dinas Pariwisata Gelar Pameran Hybrid ‘Expo Pariwisata Kota Batu’

"Kalau vaksin untuk lansia gugus covid-19 yang jemput bola dari rumah ke rumah," tutur Serma Darmani, Rabu (17/11/2021) 

Dia menjelaskan, vaksinasi secara door to door ini mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat. Karena memang dinilai sangat memudahkan, terutama para lansia yang memang kesulitan datang ke lokasi vaksinasi. Meskipun terkadang ada sebagian warga yang enggan mengikuti vaksin. 

"Antusiasme masyarakat khususnya nenek-nenek atau kekek-kakek ada. Namun kendala umur dan fisik yang renta menjadikan petugas harus kerja ekstra," imbuhnya.

Meski angka kasus covid-19 mengalami tren penurunan, gerakan vaksinasi menurutnya harus terus berjalan. Selain itu, sosialisasi protokol kesehatan harus terus digalakkan dengan harapan dapat dipatuhi masyarakat. Sebab, dia menilai vaksin bukan suatu jaminan jika seseorang bisa terbebas serangan virus di pandemi Covid-19.

"Tidak boleh serta-merta masyarakat desa lengah. Protokol kesehatan tetap harus dipatuhi. Vaksin hanya sebagai penguat imun tubuh," pungkasnya.

Baca Juga : Gelapkan Besi Proyek, Pria Asal Bekasi dan Blitar Ditangkap Polisi Tulungagung

Sementara salah seorang lansia, Mbah Kasmijah (81) saat di datangi petugas vaksin menyampaikan jika ia merasa sangat senang dan terharu bisa mendapatkan vaksinasi dosis pertama yang diselenggarakan petugas. 

"Banyak yang vaksin. Akhirnya kulo ikut vaksinasi ping satu (Akhirnya saya ikut vaksinasi tahap 1; red). Mau berangkat ke balai desa juga tidak mungkin sendiri. Alhamdulillah petugasnya yang datang ke rumah," haru Mbah Kasmijah setelah vaksin.

Judul berita Cerita Babinsa di Tuban saat Vaksinasi, Rela Door To Door Datangi Rumah Nenek Kasmijah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Vaksinasi vaksinasi lansia

Berita Lainnya