Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Pemdes Alang-alang Resmikan Koperasi Berbasis Pertanian 

Penulis : Imam Faikli - Editor : Dede Nana

15 - Nov - 2021, 19:44

Placeholder
Tampak, Kades Alang-alang, beserta Wakil Bupati dan perwakilan UTM serta perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur saat menunjukkan hasil pertaniannya (Foto: Komar for JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Pemerintah Desa (Pemdes) Alang-alang mendirikan koperasi yang fokus di pertanian dalam rangka pengembangan desa, Senin (15/11/2021). Peresmian koperasi Produsen Tragah Maju Jaya Desa Alang-alang langsung dihadiri oleh Wakil Bupati Bangkalan, pihak Universitas Trunojoyo Madura (UTM) serta perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur. Tidak hanya itu, turut hadir dalam acara tersebut, ketua pupuk Kaltim serta para petani. 

Kepala Desa Alang-alang Fahrur Rozi mengatakan, adanya Koperasi Produsen Tragah Maju Jaya Desa Alang-alang untuk menjawab tantangan zaman serta mampu membantu kebutuhan masyarakat desa dalam membudidayakan hasil tani. 

Baca Juga : Airlangga: Generasi Muda Punya Peran Penting dalam Membangun Perekonomian Nasional

"Pertanian bukan hanya harus dijadikan sandang pangan, namun pertanian hari ini harus masuk menjadi pengusaha di bidang pertanian. Ini maksud dari adannya koperasi Produsen Tragah Maju Jaya," ucapnya. 

Koperasi Produsen Tragah Maju Jaya tidak terlalu bergerak di simpan pinjam, namun toko ini akan menyediakan kebutuhan pertanian, baik dalam segi alat pertanian dan bahan pertanian 

"Koperasi kami akan memberikan agenda untuk memberikan pendampingan langsung terkait edukasi pertanian. Kalau hari ini produksi pertanian hanya 5,0 kedepannya petani Desa Alang-alang mampu memberikan perubahan dengan adanya bahan yang sudah tersedia di koperasi kami," ujar Fahrur Rozi yang akrab disapa kang Rozi tersebut. 

Selain itu, Rozi bertekad untuk menjadikan petani di Desa Alang-alang, menjadi pengusaha tani Indonesia yang mampu bersaing dalam bidang pertanian. 

"Hari ini kami akan menjadikan petani Desa Alang-alang sebagai miliarder dengan mengelola hasil pertaniannya sendiri dengan memanfaatkan koperasi yang kami miliki," pungkasnya. 

Baca Juga : Terungkap, Korban Pencurian Uang Rp 427 Juta di Blitar Diincar Pelaku sejak di Bank

Semenetara itu, Wakil Bupati Bangkalan Mohni sangat mengapresiasi inisiasi perangkat Desa Alang-alang yang membentuk koperasi Produsen Tragah Maju Jaya yang beranggotakan para petani desa. 

"Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Bangkalan sangat mengapresiasi atas inisiatif Desa Alang-alang yang membentuk koperasi pertanian yang anggota koperasinya terdiri dari masyarakat desa setempat," tuturnya. 

"Semoga dengan adanya koperasi ini dapat menghasilkan tenaga terampil, terdidik, profesional serta mampu bersaing di dunia yang semakin pesat," ungkapnya.


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Faikli

Editor

Dede Nana