Pemdes Alang-alang Resmikan Koperasi Berbasis Pertanian  | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pemdes Alang-alang Resmikan Koperasi Berbasis Pertanian 

Nov 15, 2021 19:44
Tampak, Kades Alang-alang, beserta Wakil Bupati dan perwakilan UTM serta perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur saat menunjukkan hasil pertaniannya (Foto: Komar for JatimTIMES) 
Tampak, Kades Alang-alang, beserta Wakil Bupati dan perwakilan UTM serta perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur saat menunjukkan hasil pertaniannya (Foto: Komar for JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Pemerintah Desa (Pemdes) Alang-alang mendirikan koperasi yang fokus di pertanian dalam rangka pengembangan desa, Senin (15/11/2021). Peresmian koperasi Produsen Tragah Maju Jaya Desa Alang-alang langsung dihadiri oleh Wakil Bupati Bangkalan, pihak Universitas Trunojoyo Madura (UTM) serta perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur. Tidak hanya itu, turut hadir dalam acara tersebut, ketua pupuk Kaltim serta para petani. 

Kepala Desa Alang-alang Fahrur Rozi mengatakan, adanya Koperasi Produsen Tragah Maju Jaya Desa Alang-alang untuk menjawab tantangan zaman serta mampu membantu kebutuhan masyarakat desa dalam membudidayakan hasil tani. 

Baca Juga : Airlangga: Generasi Muda Punya Peran Penting dalam Membangun Perekonomian Nasional

"Pertanian bukan hanya harus dijadikan sandang pangan, namun pertanian hari ini harus masuk menjadi pengusaha di bidang pertanian. Ini maksud dari adannya koperasi Produsen Tragah Maju Jaya," ucapnya. 

Koperasi Produsen Tragah Maju Jaya tidak terlalu bergerak di simpan pinjam, namun toko ini akan menyediakan kebutuhan pertanian, baik dalam segi alat pertanian dan bahan pertanian 

"Koperasi kami akan memberikan agenda untuk memberikan pendampingan langsung terkait edukasi pertanian. Kalau hari ini produksi pertanian hanya 5,0 kedepannya petani Desa Alang-alang mampu memberikan perubahan dengan adanya bahan yang sudah tersedia di koperasi kami," ujar Fahrur Rozi yang akrab disapa kang Rozi tersebut. 

Selain itu, Rozi bertekad untuk menjadikan petani di Desa Alang-alang, menjadi pengusaha tani Indonesia yang mampu bersaing dalam bidang pertanian. 

"Hari ini kami akan menjadikan petani Desa Alang-alang sebagai miliarder dengan mengelola hasil pertaniannya sendiri dengan memanfaatkan koperasi yang kami miliki," pungkasnya. 

Baca Juga : Terungkap, Korban Pencurian Uang Rp 427 Juta di Blitar Diincar Pelaku sejak di Bank

Semenetara itu, Wakil Bupati Bangkalan Mohni sangat mengapresiasi inisiasi perangkat Desa Alang-alang yang membentuk koperasi Produsen Tragah Maju Jaya yang beranggotakan para petani desa. 

"Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Bangkalan sangat mengapresiasi atas inisiatif Desa Alang-alang yang membentuk koperasi pertanian yang anggota koperasinya terdiri dari masyarakat desa setempat," tuturnya. 

"Semoga dengan adanya koperasi ini dapat menghasilkan tenaga terampil, terdidik, profesional serta mampu bersaing di dunia yang semakin pesat," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pemdes alang alang koperasi produsen tragah maju jaya

Berita Lainnya