Beberapa Jalan di Kota Batu Ditutup Sementara, Proses Pembersihan Material Banjir Bandang | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Beberapa Jalan di Kota Batu Ditutup Sementara, Proses Pembersihan Material Banjir Bandang

Nov 11, 2021 12:01
Alat berat saat membersihkan material pasca banjir bandang di Jurang Susuk. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Alat berat saat membersihkan material pasca banjir bandang di Jurang Susuk. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Percepatan pembersihan pasca banjir bandang terus dilakukan tim gabungan dengan menerjunkan alat berat. Penutupan area pun dilakukan untuk mempercepat proses pembersihan. Salah satunya seperti di kawasan Jurang Susuk Jalan Raya Giripurno, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Dengan demikian, pengendara yang akan melintas batas Kota Batu-Kabupaten Malang sementara waktu tidak dapat melintasi jalur tersebut. Sebab penutupan jalur diberlakukan di simpang tiga bendo menuju kecamatan Karangploso dan simpang tiga Baloga menuju Kota Batu. 

Baca Juga : Suasana Lapangan Hijau Stadion Brantas yang Sudah Ditempati Pedagang, Begini Penampakannya

Penutupan itu dilakukan lantaran alat-alat berat masih melakukan pembersihan di sungai tersebut. Sebab material-material pasca banjir bandang pada Kamis (4/11/2021) lalu terbawa hingga ke sungai tersebut. 

Selain itu, dalam proses pembersihan juga masih dilakukan pengerukan lumpur menggunakan alat berat. Termasuk juga melakukan pembenahan pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

Jika tidak segera teratasi, dikhawatirkan saat hujan deras kembali menerjang Kecamatan Bumiaji, material akan kembali meluber ke jalan.

“Karena ada proses pembersihan dengan alat berat dan perbaikan pipi di jembatan sehingga dilakukan penutupan sementara,” ucap Kasat Lantas Polres Batu, AKP Indah Citra Fitriani.

Jika pembersihan dan pembenahan jembatan telah selesai dilakukan tim gabungan, tentu akan segera dibuka. “Kalau sudah selesai tentu segera dibuka,” tambah Citra.

Baca Juga : Jengkel Gurami Sering Dicuri Tetangga, Kolam di Tulungagung Dipasang 7 CCTV dan ini yang Terjadi

Sementara itu, berdasarkan pantauan JatimTIMES, volume arus lalu lintas di Simpang Tiga Bendo dan Simpang Tiga Pendem mengalami peningkatan kendaraan. Penumpukan kendaraan terjadi cukup panjang.

“Hari ini diupayakan selesai,” jelas mantan Kasatlantas Polres Situbondo ini.

Meski demikian, penutupan tidak dilakukan selama 24 jam, tetapi menyesuaikan dengan petugas di lokasi. “Kalau petugas istirahat dan alat berat berada di pinggir jalan, jalur bisa dilalui dengan bergantian,” tutup Citra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
banjir bandang Kota Batu

Berita Lainnya